nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Manusia Bisa Alami Fenomena Earworms, Apa Itu?

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 08 Agustus 2018 08:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 07 56 1933147 manusia-bisa-alami-fenomena-earworms-apa-itu-rlh6cn723s.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Beberapa orang mungkin seringkali merasakan membayangkan memutar lagu yang sama di kepala setiap saat. Fenomena yang dikenal dengan istilah earworms tersebut memang kerap terasa menjengkelkan, namun jangan khawatir karena hal tersebut merupakan hal yang umum.

Dilansir dari laman How It Work Daily, Rabu (8/8/2018) mayoritas masyarakat telah mengalaminya, dan bagi banyak orang setidaknya terjadi setiap minggu. Kegiatan seperti memainkan musik, mendengarkan lagu dan bernyanyi secara berulang-ulang membuat fenomena tersebut lebih sering terjadi. 

Lebih lanjut, earworms dapat dikatakan seperti kategori yang sama dengan ingatan-ingatan spontan tentang ingatan dan pikiran yang berkeliaran. Serta, tampak seperti pikiran yang mengganggu yang berada di luar kendali kesadaran kita.

Penelitian tentang hal tersebut pun cukup menantang, karena peneliti harus bergantung pada laporan subjektif dari peserta penelitian. Sering kali juga melalui buku harian dan survei yang melacak terjadinya earworms, dan efektivitas strategi yang berbeda untuk mencoba dan membuatnya terjadi.

 Musik

Baca Juga: Objek Misterius Ini Punya Medan Magnet 200 Kali Lebih Kuat dari Jupiter

Salah satu cara paling populer untuk menangani earworms tampaknya hanya membiarkannya saja, nikmati lagunya. Jika Anda bisa, lalu biarkan pikiran itu berlalu. Jika itu gagal, beberapa orang bahkan terpaksa terlibat dengan tune, mendengarkannya dalam kehidupan nyata untuk keluar dari lingkaran di dalam kepala mereka. 

Namun, ada masalah besar yang harus diatasi, semakin Anda fokus pada apakah upaya Anda untuk menyingkirkan lagu itu. Maka, semakin banyak otak Anda akan kembali mengulang lagu itu lagi. Ini adalah ide yang terkenal dieksplorasi oleh psikolog Daniel Wegner dalam makalahnya, Ironic Processes of Mental Control. Dia menunjukkan bahwa dengan memantau apakah Anda telah berhasil menyingkirkan pikiran, Anda mungkin hanya memicunya untuk memulai lagi.

Sebagai informasi lebih lanjut, earworms adalah sebuah fenomena terperangkapnya potongan musik yang dimainkan secara berulang oleh otak kita meskipun musik tersebut tak lagi dimainkan. Sebutan-sebutan lain untuk mendeskripsikan earworm adalah musical imagery repetition, involuntary musical imagery, and stuck song syndrome imagined music, dan banyak lagi.

Musik

Baca Juga: Saksikan Galaksi Bima Sakti, LAPAN Ajak Masyarakat Matikan Lampu Malam Ini

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini