nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Setelah Diblokir Apple dan Google, Aplikasi Alex Jones Malah Booming

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 08 Agustus 2018 14:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 08 207 1933488 setelah-diblokir-apple-dan-google-aplikasi-alex-jones-malah-booming-fREtIGVDVk.jpg Alex Jones (Foto: Steemit)

JAKARTA – Beberapa waktu lalu Infowars Official diblokir oleh beberapa perusahaan raksasa internet yakni Apple, Google, Youtube, dan Facebook. Penyebabnya, aplikasi tersebut kabarnya mengandung banyak berita bohong (hoax). Ini merupakan aplikasi berita yang serupa dengan nama acara talk show radio Alez Jones: Infowars.

Seperti dilansir The Verge, Rabu (8/8/2018), meski demikian, Infowars menjadi aplikasi berita terpopuler keempat di Amerika Serikat yang saat ini tersedia di App Store iOS. Bahkan, menjadi aplikasi ke-47 yang paling populer hanya dalam waktu dua hari ini. Urutan tersebut berdasarkan jumlah unduhan yang semakin meningkat.

Sementara untuk versi Android yang tersedia di Google Play Store, aplikasi Infowars Official menjadi terpopuler 11 setelah sempat berada di urutan 31.

Infowars

Baca Juga: Apple, YouTube, Facebook Blokir Konten Alex Jones, Ada Apa?

Lebih lanjut, lonjakan popularitas muncul setelah sejumlah platform utama menjatuhkan Infowars minggu ini dengan alasan bahwa teori konspirasi pertunjukan melanggar pedoman komunitas. Kemarin, Apple menarik lima dari enam podcast bermerek Jones dari aplikasi miliknya.

Sejak saat itu Facebook, YouTube, Spotify, dan yang lainnya mengambil langkah-langkah untuk menghapus konten Jones dari platform mereka. Sebelumnya, Alex Jones Channel memiliki lebih dari 2,5 juta pelanggan.

Infowars Official sendiri merupakan aplikasi gratis yang pertama kali diluncurkan pada Juni 2018 dan berisikan streaming acara Alex Jones. Aplikasi ini terhubung dengan toko Infowars, di mana pengunjung dapat membeli T-shirt dan produk perawatan kulit.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini