Bot AI Kalahkan Pemain Game Profesional Dota 2

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 08 Agustus 2018 12:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 08 08 326 1933438 bot-ai-kalahkan-pemain-game-profesional-dota-2-b0tMWVTDL4.jpg Ilustrasi AI (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Tim bot Artificial Inteligent (AI) yang dikenal sebagai OpenAI Five telah menunjukan kebolehannya dengan mengalahkan pemain game profesional Dota 2, dalam pertandingan online multiplayer (MOBA) video Dota 2 'Silicon beat meat', belum lama ini.

Dilansir dari laman Forbes, Rabu (8/8/2018) bot-bot OpenAI Five berasal dari laboratorium penelitian kecerdasan buatan yang didirikan oleh Elon Musk dan CEO Y Combinator, Sam Altman.

Agen OpenAI sebelumnya mengalahkan beberapa pemain manusia teratas dalam pertandingan 1v1. Tapi ini adalah pertama kalinya bot-bot tersebut datang bersama untuk mengalahkan tim manusia dalam Dota 2. 

Atas kemenangan ini kabarnya OpenAI Five juga akan bertanding dalam The International Dota 2 Championship.

Dota 2

Baca Juga: Remaja Arab Saudi Menang FIFA eWorld Cup Berhadiah Rp3,6 Miliar

"Sangat bangga dengan tim OpenAI dan sangat bersemangat untuk terus meningkatkan sistem saat kami mempersiapkan The International Dota 2 Championship," kata Greg Brockman, yang juga pendiri OpenAI dan CTO di Twitter pribadinya.

Lebih lanjut, kerumitan dalam permainan Dota 2 merupakan salah satu cara terbaik untuk menantang sistem AI dan menguji kecerdasan mereka. Sistem seperti OpenAI Five mempelajari cara bermain game dengan menganalisis data dalam jumlah besar dari ribuan pertandingan sebelumnya.

Peneliti AI percaya bahwa mereka pada akhirnya akan mampu melatih algoritma untuk memecahkan masalah dunia nyata yang kompleks dengan cara yang sama seperti melatih mereka untuk bermain game.

Bahkan, para ilmuwan di perusahaan seperti DeepMind sudah berpikir tentang bagaimana AI dapat digunakan untuk membantu mengurangi perubahan iklim dan mendeteksi kanker.

Dota 2

Baca Juga: FIFA 19 Usung Mode Survival, Mirip Battle Royale?

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini