nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Agar Gallery Stop Simpan Foto di WhatsApp

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 10 Agustus 2018 10:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 09 207 1934271 cara-agar-gallery-stop-simpan-foto-di-whatsapp-rw2dAR32kq.jpg Gallery Ponsel (Foto: Metro)

JAKARTA – WhatsApp merupakan aplikasi yang memudahkan penggunanya untuk mengirim foto dan GIF ke kontak. Namun, jika diperhatikan kerap kali file foto secara otomatis disimpan ke ponsel, khususnya pada Android.

Dilansir dari laman Metro, Jumat (10/8/2018) fitur tersebut mungkin berguna dalam beberapa kasus. Namun sayangnya, itu akan menghabiskan banyak ruang di seluler pengguna. Jadi bagaimana Anda bisa menghentikan hal ini terjadi pada ponsel Anda?

Jika Anda menggunakan WhatsApp versi Android. Maka, tidak ada tombol sederhana untuk menghentikan ponsel Anda secara otomatis menyimpan foto ke Galeri Anda. Namun, Anda dapat menghentikan unduhan otomatis file, melalui metode berikut ini:

Whatsapp

Baca Juga: Facebook Minta Maaf Kirim Ikon Balon Pascagempa Lombok

Masuk ke aplikasi WhatsApp, kemudian klik ikon tiga titik di sudut kanan atas. Buka Pengaturan, lalu Data, lalu Penyimpanan Penggunaan Anda akan melihat tiga opsi - 'Saat menggunakan data seluler', 'Saat terhubung pada Wi-Fi', dan 'Saat roaming'.

Klik masing-masing dan pilih jenis file apa yang Anda lakukan atau tidak ingin unduh secara otomatis di setiap situasi dengan mencentang kotaknya. Jika Anda benar-benar ingin menghentikan Galeri menyimpan file WhatsApp Anda. Anda harus mengunduh apa yang dikenal sebagai pengelola file, atau Nomedia File. 

Untuk hal ini, Anda bisa mendapatkannya di Google Play store. Setelah Anda mengunduhnya, inilah yang harus Anda lakukan: Buka aplikasi file manager Jelajahi file ponsel Anda sampai Anda tiba di WhatsApp / Media / WhatsApp Images / Buat file bernama Nomedia.

Simpan dan keluar dari aplikasi, Anda sekarang akan melihat bahwa file WhatsApp Anda disembunyikan dari Galeri Anda. Jika Anda ingin membatalkan ini dan melihat file Anda lagi, cukup kembali ke aplikasi file manager dan hapus file Nomedia. 

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini