nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terungkap Misteri Segitiga Bermuda, Tempat yang Menelan Banyak Korban Jiwa

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Sabtu 11 Agustus 2018 08:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 08 10 56 1934809 terungkap-misteri-segitiga-bermuda-tempat-yang-menelan-banyak-korban-jiwa-s5QDZfqpsv.jpg Segitiga Bermuda (Foto: Big Think)

JAKARTA - Segitiga Bermuda merupakan sebuah tempat yang mengandung misteri besar, di mana banyak kapal yang hilang secara misterius. Tempat itu membentang di bagian barat Atlantik Utara antara Florida, Puerto Roco, dan Bermuda.

Dikenal dengan sebutan Segitiga Setan, menurut laporan The Sun tempat tersebut telah menelan lebih dari 1.000 jiwa dalam 100 tahun ini.

Dilansir dari laman Slash Gear, Sabtu (11/8/2018) penelitian terbaru oleh para ilmuwan telah mengungkapkan misteri hilangnya kapal-kapal tersebut. Hal itu disebabkan oleh gelombang jahat bernama Rogue.

“Ada badai di selatan dan utara yang datang bersamaan. Dan jika ada tambahan dari Florida, itu bisa menjadi formasi yang berpotensi mematikan dari gelombang jahat (Rogue), ” kata Ahli Kelautan dan dosen di Univeristas Southampton.

“Gelombang Rogue tersebut sangat curam dan tinggi. Kami mengukur tinggi gelombangnya mencapai 30 meter (98 kaki). Semakin besar kapalnya, maka kerusakan akan semakin besar terjadi. Jika Anda bisa membayangkan sebuah gelombang jahat dengan puncak di kedua ujungnya, tidak ada apa pun di bawah perahu itu, sehingga ia terbelah menjadi dua. Jika itu terjadi, itu bisa menenggelamkan perahu dalam hitungan dua hingga tiga menit," jelas dia. 

Kapal Karam

Baca Juga: Saksikan Fenomena Hujan Meteor Perseid Pekan Ini

Sementara itu, perwakilan dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) mengatakan jika gelombang jahat di Segitiga Bermuda telah menjadi bagian dari cerita rakyat selama berabad-abad. Tetapi hal tersebut baru ditelaah secara ilmiah beberapa dekade terakhir ini.

"Rogue disebut sebagai 'gelombang badai ekstrim' oleh para ilmuwan. Itu adalah gelombang yang lebih besar dari dua kali ukuran gelombang sekitarnya, sangat tidak terduga, dan sering datang secara tak terduga," imbuh pihak NOAA.

Lebih lanjut, gelombang Rogue diciptakan oleh gelombang-gelombang yang dihasilkan oleh badai yang diperlihatkan oleh arus bawah air. Kemudian, ada juga kombinasi dari puncak dua gelombang yang berpasangan, menciptakan interferensi konstruktif atau gelombang mega.

Ini bukan pertama kalinya gelombang jahat dihipotesiskan sebagai salah satu penyebab hilangnya kapal di wilayah Segitiga Bermuda. Namun, di tahun 2018, tampaknya ini merupakan penjelasan yang paling masuk akal untuk beberapa mitos-mitos yang beredar, dari tempat berhantu hingga alien.

“Lautan selalu menjadi tempat misterius bagi manusia. Cuaca buruk atau navigasi yang buruk bisa menjadi tempat yang sangat mematikan. Selain itu, hilangnya kapal secara misterius di Segitiga Bermuda menjadi hal yang paling mengerikan daripada di wilayah lautan luas lainnya,” kata NOAA.

Sebagai informasi, isu tentang Segitiga Bermuda dan kejadian paling terkenal di dalamnya telah diangkat dalam program televisi Channel 5 khusus oleh BBC di Inggris. Program itu disebut "The Bermuda Triangle Enigma".

 Kapal Karam

 Baca Juga: Objek Misterius Ini Punya Medan Magnet 200 Kali Lebih Kuat dari Jupiter

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini