Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Robot Ini Bantu Terapi Anak Penderita Autis

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 15 Agustus 2018 06:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 08 14 56 1936526 robot-ini-bantu-terapi-anak-penderita-autis-D6gPc3vwYE.jpg Robot ini bantu terapi anak penderita autis (Foto: Tech Crunch)

JAKARTA – Tim peneliti dari Universitas Luksemburg menciptakan robot untuk membantu terapi anak penderita autis. Sebuah robot kecil itu bernama QTrobot dari LuxAI, ini merupakan spin-off dari karya Luxai mereka. Kabarnya, mereka akan mempresentasikan temuan dalam konferensi RO-MAN 2018 pada akhir Agustus 2018.

Dilansir dari laman Tech Crunch, Rabu (15/8/2018) robot tersebut kabarnya bisa menjadi penghubung antara terapis, orang tua, dan anak-anak autis. Robot yang dilengkapi dengan wajah LCD ini memungkinkan anak-anak yang kewalahan oleh kontak manusia untuk menjadi lebih nyaman dalam pengaturan terapeutik.

"Robot ini memiliki kemampuan untuk menciptakan interaksi segitiga antara terapis manusia, robot, dan anak," kata co-founder Aida Nazarikhorram

Dia menambahkan, “Segera setelah anak mulai berinteraksi dengan pendidik atau terapis untuk bertanya tentang robot atau memberikan umpan balik tentang perilakunya.”

Lebih lanjut, robot ini kabarnya dapat mengurangi kecemasan pada anak-anak autis. Menariknya, robot ini menjadi pilihan yang lebih baik untuk anak-anak daripada aplikasi atau tablet. Karena robot itu dibuat oleh para peneliti untuk menarik perhatian dan meningkatkan pembelajaran.

Robot sepenuhnya mandiri dan mudah diprogram. Ini dapat berjalan selama berjam-jam, dan juga dilengkapi dengan kamera 3D dan prosesor penuh. Para peneliti menemukan bahwa robot tidak menjadi fokus terapi tetapi malah membantu terapis terhubung dengan pasien.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini