XL Axiata Resmikan Customer Experience & Service Operation Center

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 15 Agustus 2018 23:53 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 08 15 54 1937175 xl-axiata-resmikan-customer-experience-service-operation-center-ZStCI9ONaC.jpg (Foto: Pernita Hestin Untari/Okezone)

JAKARTA - Operator telekomunikasi seluler, XL Axiata meresmikan pusat komando Customer Experience & Service Operation Center XL Axiata (CE & SOC) bersama Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara di lantai 11-12 gedung XL Axiata Tower pada Rabu (15/8/2018).

Menurut Presiden Direktur dan CEO XL Axiata, Dian Siswarini, ini merupakan pusat monitoring kualitas layanan terpadu XL Axiata, yakni upgrade dari NOC (Network Operation Center) yang sudah ada sebelumnya.

Lebih tepatnya, kata Dian, XL Axiata membangun CE & SOC yang handal sehingga dapat meng-coverage semua masalah. Didorong dengan network elemen, serta ratusan ribu alarm yang dibantu dengan mesin, tidak hanya manual.

Menurut Dian, pusat layanan baru ini juga semakin memudahkan XL Axiata dalam memantau dinamika layanan terkait semakin berkembangnya layanan data atau internet, termasuk perilaku penggunaan layanan oleh pelanggan pada suatu layanan.

 

“Saat ini pelanggan kami terus tumbuh, demikian juga dengan trafik pemakaian, terutama untuk layanan data. Sekitar 79% dari total pelanggan merupakan pelanggan data. Untuk wilayah yang sudah tersedia layanan data, juga semakin meluas. Kini sudah lebih dari 380 kota/kabupaten yang terjangkau 4G LTE dan lebih dari 460 kota terjangkau 3G, dan ini tentunya juga akan terus bertambah. Untuk memastikan semua pelanggan mendapatkan layanan terbaik, kami membutuhkan suatu pusat komando yang mampu memonitor secara terus menerus kondisi layanan secara menyeluruh," kata Dian.

Lebih lanjut, pusat komando CE & SOC yang diresmikan terdiri dari ruang monitoring yang terintegrasi untuk 4 NOC (Network Operation Center) yang berbeda, yaitu Jaringan Telco, IT Infrastructure, IT Apps, dan Billing. Melalui fasilitas ini, XL Axiata berharap untuk memiliki visibilitas yang lebih baik dan spesifik dalam memastikan kualitas layanan, misalnya terkait layanan game, media sosial, streaming, broadband baik perumahan maupun bergerak, juga bisnis enterprise.

Baca juga: Samsung Lengkapi Galaxy Note 9 dengan Wireless Charger Duo

Dian juga mengklaim jika CE & SOC ini dirancang guna mengantisipasi kebutuhan-kebutuhan monitoring di masa depan. Hal ini tidak terlepas dari rencana pengembangan jaringan dan adopsi teknologi terbaru di masa depan, termasuk kemungkinan mengaplikasikan teknologi 5G, IoT, dan M2M sesuai dengan semakin berkembangnya pemanfaatan teknologi digital untuk berbagai upaya meningkatkan produktivitas usaha dan bisnis.  

 

Sementara itu, kegiatan pemantauan dilakukan oleh tim siaga setiap hari selama 24 jam / 7 hari dalam sepekan. Sehingga ruangan kantor pun dilengkapi dengan ruang tidur serta ruang hiburan.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini