Gmail untuk Android Kini Dukung Modus 'Rahasia'

Anggita Nurlitasari, Jurnalis · Minggu 19 Agustus 2018 08:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 08 18 207 1938374 gmail-untuk-android-kini-dukung-modus-rahasia-e2rnMqoW22.jpg (Foto: Ubergizmo)

JAKARTA - Bagi Anda yang suka berkirim pesan ataupun file khusus dan rahasia melalui email serta tidak ingin ada yang melihatnya, kini Gmail menghadirkan fitur baru yang disebut Mode Rahasia yang kini hadir dalam aplikasi untuk perangkat Android.

Menurut Google, “Anda dapat mengirim pesan dan lampiran dengan Gmail mode rahasia untuk melindungi informasi sensitive dari akses yang tidak sah. Anda dapat menggunakan mode tersebut untuk menetapkan tanggal kadaluwarsa pesan atau mencabut akses kapan saja", seperti dilansir dari Ubergizmo.

Lebih lanjut Google menjelaskan, penerima pesan rahasia tidak akan memiliki opsi untuk meneruskan, menyalin, mencetak dan mengunduh yang nantinya akan dinonaktifkan. Pengguna yang mengirim email dengan Mode Rahasia ini dapat menggunakan kode sandi untuk melindungi emailnya.

Ini berarti bahwa orang yang membaca email akan membutuhkan kode sandi untuk membuka kuncinya. Hal tersebut dilakukan dengan passcode yang dikirim melalui SMS, atau jika penerima bukan pengguna Gmail, mereka akan mengirim email kode sandi sebagai gantinya.

 

Baca juga: Intip Deretan Ponsel-Ponsel Termahal di Dunia

Lebih lanjut, terdapat juga opsi untuk mencabut akses ke email, dan isi dari email tersebut tidak dapat disalin, diunduh, dicetak, atau diteruskan. Jadi jika Anda memiliki kebutuhan untuk mengirim email semacam itu, perhatikan fitur yang seharusnya sudah ada.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini