Google Stop Layanan Pencarian Gambar 'Goggles', Kenapa?

Antara, Jurnalis · Senin 20 Agustus 2018 05:55 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 20 207 1938731 google-stop-layanan-pencarian-gambar-goggles-kenapa-PkIEO1eg27.jpg (Foto: Android Headlines)

JAKARTA - Raksasa teknologi, Google menghilangkan salah satu layanan mereka untuk pencarian gambar, Google Goggles. Layanan tersebut ditutup mulai Agustus tahun ini.

Seperti diketahui, Google Goggles dirancang untuk melakukan pencarian berdasarkan gambar. Goggles dapat mengidentifikasi gambar dan membaca kode QR dan memberikan informasi mengenai gambar tersebut, jika berada dalam database mereka.

Google Goggles untuk pertama kalinya diperbarui sejak 2014, menurut Android Police. Ketika dicoba memasang aplikasi yang masih tersedia di Google Play Store ini, muncul pemberitahuan bahwa Googles sudah tidak aktif lagi, pengguna disarankan beralih ke Google Lens.

Google Lens saat ini baru tersedia di sejumlah perangkat berbasis Android, antara lain Google Pixel, Samsung Note 8 dan beberapa model ponsel dari Sony.

 

Baca juga: Gmail untuk Android Kini Dukung Modus 'Rahasia'

Lensa pintar dari Google ini mampu mengenali objek dalam gambar dan memberikan informasi tentang objek tersebut, berkat kecerdasan buatan yang disematkan dalam Lens.

Google Goggles berjalan sejak 2009, beberapa laman berita menyebut aplikasi lawas ini kehilangan peminat sejak beberapa tahun belakangan, terutama ketika penggunaan kecerdasan buatan semakin berkembang.

Baca juga: Caviar Umumkan Galaxy Note 9 Berlapis Emas, Berapa Harganya?

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini