Uji Coba Jaringan 5G & WiGig Dorong Jakarta SmartCity

Anggita Nurlitasari, Jurnalis · Senin 20 Agustus 2018 17:49 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 08 20 54 1939078 uji-coba-jaringan-5g-wigig-dorong-jakarta-smartcity-pAj3DctTQV.jpg (Foto: XL Axiata)

JAKARTA - Pemanfaatan teknologi digital untuk meningkatkan layanan kepada publik semakin menjadi tren di seluruh dunia, terutama di negara-negara maju. Dengan mengadopsi teknologi digital, pemerintah daerah akan bisa meningkatan kualitas layanan, sekaligus mengelola berbagai sarana fasilitas publik secara efektif dan efisien.

Melalui keterangan resmi yang diterima Okezone, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) bersama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika beserta Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta menggelar uji coba layanan berbasis 5G dan WiGig, Senin (20/8/2018).

Dengan menggunakan hashtag (#jadilebihbaik), teknologi 5G dan wireless Gigabit (WiGig) coba diterapkan pada sejumlah aktivitas pengelolaan lingkungan perkotaan.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, Kepala Jakarta Smartcity Pemprov DKI, Setiaji, dan Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini. Demo itu juga memperkenalkan kemampuan 5G dan WiGig yang mencakup pada pengelolaan sampah, pengelolaan taman, peliharaan kebersihan sungai, serta WiGig untuk kamera surveillance (CCTV) dan layanan internet kecepatan tinggi melalui Wi-Fi yang dapat dinikmati secara gratis oleh pengunjung di sekitar.

 

Baca juga: Baterai iPad Meledak, Pengunjung Toko Apple Dievakuasi

Rudiantara mengatakan, “Kemenkominfo mendorong pemanfaatan teknologi informasi dan digital tercanggih yang ada saat ini untuk bisa diterapkan sebagai solusi pada berbagai bidang, termasuk pengelolaan fasilitas publik. Saya menyambut baik antusiasme Pemprov DKI Jakarta dan juga XL Axiata untuk melakukan uji coba 5G ini yang kita harapkan bisa memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai kemungkinan penerapan 5G ini dalam sistem Smartcity di DKI Jakarta".

 

“Uji coba ini menjadi sarana bagi XL Axiata untuk mempelajari lebih jauh terkait penerapannnya di lapangan dan hal-hal lainnya yang bersifat teknis” ungkap Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini.

Baca juga: 5 Area Kuburan yang Instagramable di Indonesia

Secara umum, uji coba penerapan teknologi 5G ini menggunakan frekuensi khusus yaitu 28 Ghz, Sementara itu untuk WiGig menggunakann frekuensi 60Ghz.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini