Wi-Fi Tak Mau Tersambung ke Smartphone? Ini Solusinya

Anggita Nurlitasari, Jurnalis · Senin 27 Agustus 2018 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 25 207 1941344 wi-fi-tak-mau-tersambung-ke-smartphone-ini-solusinya-fUihRvXKxp.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Smartphone kini hadir dengan tampilan dan spesifikasi hingga kecanggihan yang beragam untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari. Namun, jika tidak memiliki data internet atau tidak terhubung dengan Wi-Fi, smartphone akan menjadi benda yang biasa saja.

Dan seringkali jika terhubung dengan Wi-Fi yang berada di tempat publik, restaurant dan kantor sering mengalami masalah tidak dapat terhubung atau terputus seketika. Hal tersebut sangat mempengaruhi kegiatan Anda tentunya.

Dilansir dari Android Pit, Senin (27/8/2018) terdapat cara yang dapat dilakukan jika Wi-Fi tidak berfungsi.

Wifi

Baca Juga: Minecraft Versi Nintendo Switch Rajai Penjualan Game di Jepang

Pertama, mengaktifkan mode pesawat selama beberapa detik, matikan, dan periksa kembali koneksi Anda. Anda harus menonaktifkan dan mengaktifkan kembali koneksi dengan cara membuka pengaturan cepat dengan menggeser ke bawah dari bagian atas layar dan pilih ikon Wi-Fi untuk menonaktifkannya. Jika menu drop-down tidak menawarkan ikon ini, buka aplikasi, buka Pengaturan dan buka dari sana. Lakukan hal yang sama dengan Wi-Fi rumah Anda dengan cara matikan dan tunggu hingga dua menit lalu hidupkan lagi.

Kedua, Anda belum mengaktifkan Keep Wi-Fi selama opsi tidur. Pengaturan ini secara otomatis memutus perangkat Anda dari jaringan Wi-Fi untuk menghemat baterai. Untuk mengubahnya adalah dengan pergi ke menu pengaturan, pilih Wi-Fi, tekan tiga titik di bagian bawah layar atau Configure (jika tersedia), selalu aktifkan Wi-Fi selama mode tidur dan pilih Ya.

Ketiga, Akses jaringan yang tersembunyi. Ada dua hal yang membatasi akses otomatis ke jaringan yaitu jaringan yang ingin Anda sambungkan milik jenis tertentu atau jaringan disembunyikan karena alasan keamanan.

Mengenai masalah pertama, sebagian besar ponsel Android tidak dikonfigurasi untuk bekerja di jaringan ad-hoc. Tetapi forum pengembang XDA berhasil membuat patch untuk melewati batasan ini. Dengan file patch wpa_supplicant, Anda dapat terhubung ke jenis jaringan ini.

Jika masalah terkait dengan jaringan tersembunyi, Anda dapat mencoba menambahkannya secara manual. Buka Pengaturan lalu opsi Wi-Fi dan pilih tambah jaringan. Masukkan SSID dan kata sandi yang benar, dan Anda dapat menggunakannya dengan lancer.

Wifi

Baca Juga: Ini Alasan Wifi Menjadi Lambat (1)

Keempat, ini karena masalah alamat IP. Memang terkadang Wi-Fi tidak berfungsi karena gagal menjalankan proses ini. Jika Android Anda tidak dapat terhubung ke jaringan, pertama-tama reboot Wi-Fi. Jika masalah berlanjut, lakukan pengaturan ulang pabrik. Jika tidak terjadi perubahan, Anda dapat mengunjungi Google Play Store dan mengunduh fix wifi (dengan asumsi Anda memiliki data seluler).

Aplikasi ini memulihkan file sistem Wi-Fi dan beberapa layanan penting untuk berfungsinya jaringan. Fix wifi akan mengurus perangkat Anda saat mencoba mendapatkan alamat IP. Ini adalah aplikasi yang sangat mudah digunakan.

Kelima, saat jaringan Wi-Fi berjalan lambat. Jika Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi publik, masalahnya mungkin hanya berupa kemacetan jaringan karena terlalu banyak pengguna sekaligus. Jika Anda yakin bahwa Wi-Fi Anda berfungsi dengan lancar, bahwa sinyalnya cukup kuat, dan tidak ada gangguan, periksa kecepatan jaringan dengan menginstal Speedtest di perangkat Anda.

Ini adalah layanan yang andal dan akurat yang, dalam beberapa detik, akan menunjukkan kecepatan unduhan dan pengunggahan Anda yang sebenarnya dan membantu Anda mengidentifikasi masalah mendasar.

Keenam, jika menggunakan Wi-Fi umum terkadang memerlukan proses masuk. Seringkali, jaringan Wi-Fi publik seperti ini mengharuskan pengguna untuk masuk dan menerima beberapa persyaratan dan ketentuan sebelum mengizinkan mereka menggunakan koneksi.

Anda harus diminta untuk melakukan ini melalui pemberitahuan segera setelah Anda terhubung, tetapi itu tidak selalu terjadi. Dan setelah Anda mengikuti beberapa langkah, Anda dapat terhubung setelahnya.

Dan terakhir, Atur ulang pengaturan jaringan. Anda dapat secara manual mengatur ulang pengaturan jaringan Anda melalui bagian cadangan dan pemulihan dari opsi pengaturan perangkat Anda. Buka pengaturan Anda dan pilih sistem.

Selanjutnya, pilih setelan jaringan dan Anda akan melihat Wi-Fi dalam daftar bersama dengan data seluler dan Bluetooth. Anda harus mengonfirmasi pola kunci, sidik jari, atau kata sandi kunci untuk melakukan pengaturan ulang. Berhati-hatilah, Anda akan menghapus semua pengaturan koneksi jika Anda melakukan ini dan memulai lagi dari awal, tetapi bisa menyelesaikan masalah koneksi Wi-Fi Anda.

Wifi

Baca Juga: Gunakan Wifi, Ilmuwan Bisa Ambil Gambar 3D

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini