nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Kondisi Terkini Jaringan Telekomunikasi Pasca Gempa Lombok

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Sabtu 25 Agustus 2018 17:23 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 08 25 207 1941349 ini-kondisi-terkini-jaringan-telekomunikasi-pasca-gempa-lombok-hhoxYSB8nB.jpg Ilustrasi BTS (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Gempa dengan berkekuatan tinggi terjadi sampai tiga kali di Pulau Lombok dan Sumbawa, NTB. Tidak hanya meruntuhkan banyak korban jiwa serta bangunan rumah dan gedung-gedung. Bencana tersebut pun berdampak pada rusaknya Base Station Site (BTS), sehingga membuat jaringan telekomunikasi terganggu.

Hingga kemarin, menurut Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo, Ferdinandus Setu dalam keterangan resminya, dilihat dari pemantauan Balai Monitoring Spektrum Frekuensi Kelas II Mataram di NTB sudah ada 915 base station site 2G, 3G dan 4G yang bisa digunakan untuk kebutuhan telekomunikasi.

BTS

Baca Juga: Tak Hanya iPhone, Apple Bakal Upgrade Macbook Air

"Total base stations yang tidak bisa digunakan sebanyak 36 unit base stations. Adapun sebarannya sebagai berikut: 14 unit base stations di Lombok Utara, 6 unit di Lombok Timur dan 6 unit di Lombok Barat. Sementara itu di Kota Mataram terdapat 1 unit bases stations dan Kabupaten Sumbawa 2 unit base stations," kata dia, Sabtu (25/8/2018).

Lebih lanjut, dia mengatakan jika permasalahan pasokan daya listrik menjadi kendala utama. Selain itu, lanjut dia ada kendala untuk akses jalan ke lokasi base stations sehingga perbaikan hardware seperti perangkat transmisi dan troubleshooot aplikasi belum bisa dilakukan dengan maksimal.

"Untuk bases stations yang mengalami kendala pasokan listrik, saat ini operator telekomunikasi telah mengganti baterai cadangan dan menempatkan genset," pungkasnya.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini