Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penampakan Meteor Tertangkap Kamera Dashboard, Ini Videonya

Nadia Tisca Ekasari, Jurnalis · Jum'at 31 Agustus 2018 07:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 08 30 56 1943873 penampakan-meteor-tertangkap-kamera-dashboard-ini-videonya-pnqdFAuatW.jpg (Foto: Lance Boston/Stuff.co.nz)

JAKARTA - Sebuah meteor jatuh di Australia pada Selasa pukul 19.30 waktu setempat. Ukuran dari meteor tersebut pada awalnya sebesar bola basket sebelum akhirnya mengecil dan sebesar kepala tangan saja.

Dilansir dari Stuff.co.nz, ahli Astronomi asal Perth Richard Tonello mengatakan bahwa cahaya meteor tersebut disebabkan oleh material besi dan nikel atau batu yang bergerak menuju atmosfer dengan kecepatan hingga 70.000 km. Ini menghasilkan panas dan gesekan, sehingga menimbulkan cahaya yang terang di langit malam.

Richard juga menambahkan bahwa Bumi kejatuhan serpihan yang berasal dari luar angkasa sekira 28.000 ton setiap tahun, sebagian mendarat di lautan. “Ini adalah pengingat untuk kita bahwa ada hal-hal besar di tata surya, beberapa di antaranya mungkin tidak terdeteksi, yang dapat menimbulkan risiko,” jelasnya.

 

Baca juga: 4 Hero Mobile Legends yang Jarang Dipakai

Astronom dari Fireballs di Sky centre, Curtin University mengatakan bahwa meteor mendarat dekat Northam.

Pengamat bintang melalui media sosial berbagi observasi mereka dan Department of Fire and Emergency Services menerima beberapa panggilan telefon dari orang yang mengatakan bahwa mereka melihat sebuah bola api di langit.

Baca juga: Pocophone F1 Versus Samsung Galaxy S9+, Anda Pilih Mana?

Leanne Willoughby tengah mengemudi dari Lakes menuju York ketika ia melihat cahaya di langit. "Ini besar dan agak menyeramkan, saya tidak mengetahui itu apa," katanya.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini