Jepang Ikuti Langkah Australia Larang Huawei dan ZTE Pasok 5G?

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Minggu 02 September 2018 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 31 207 1944227 pemerintah-jepang-larang-huawei-dan-zte-pasok-5g-YHIsl25tCy.jpg Ilustrasi 5G (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah Jepang dikabarkan akan melarang Huawei dan ZTE untuk memasok perangkat dengan jaringan 5G di negaranya. Mereka kabarnya menerapkan hal ini untuk alasan keamanan.

Dilansir dari laman The Inquirer, Minggu (2/8/2018) larangan tersebut sedang dalam pertimbangan di tingkat tertinggi pemerintahan. Meskipun tidak menyebutkan kedua vendor secara gamblang, tetapi isyarat menetapkan jika kriteria keamanan yang diterapkan secara efektif akan menghalangi kedua perusahaan tersebut (Huawei dan ZTE) ikut terlibat dalam 5G. 

Saat ini 5G adalah fokus atau tanggung jawab besar bagi pemerintah Jepang. Pemerintah Jepang diharapkan akan menerapkan 5G dalam Olimpiade Musim Panas 2020 di Tokyo.

Sebelumnya, pemerintah Australia telah melarang Huawei dan ZTE untuk memasok 5G. Tech Radar melaporkan, jika pemerintah Australia mengungkapkan alasan bahwa penggunaan pemasok tertentu merupakan risiko yang tidak dapat diterima.

ZTE

Baca Juga: Australia Larang ZTE dan Huawei Pasok 5G, Ini Alasannya

Lengkapnya, inti keprihatinan atas masalah ini adalah arsitektur jaringan. Menurut mereka, jaringan 5G di masa mendatang akan memungkinkan operator untuk memindahkan fungsi tertentu dari inti ke tepi jaringan, suatu proses yang akan mengurangi latensi dan memungkinkan aplikasi seperti Industri Internet of Things (IoT), mobil yang terhubung, bahkan pembedahan robotik.

Sementara itu, alasan lain datang karena terdapat kabar adanya undang-undang di China yang mewajibkan perusahaan China untuk memata-matai pelanggannya atas dasar layanan keamanan.

Sebelumnya, Amerika Serikat juga menjadi negara pertama yang melarang keras perangkat Huawei dan ZTE untuk diproduksi di sana, termasuk peralatan jaringan, smartphone, sistem TI sektor publik.

Huawei

Baca Juga: Dilarang Terlibat dalam 5G di Australia, Huawei: Ini Keputusan yang Mengecewakan

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini