Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penampakan Pola Segi Enam Muncul di Saturnus, Apa Itu?

Nadia Tisca Ekasari, Jurnalis · Kamis 06 September 2018 13:43 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 09 06 56 1946871 penampakan-pola-segi-enam-muncul-di-saturnus-apa-itu-xzmz2EWefy.jpg (Foto: ESA)

JAKARTA - Penampakan pola segi enam muncul di atmosfer Saturnus yang membuat astronom kebingungan. Ternyata ini tidak hanya terjadi sekali, kemunculan yang pertama terjadi tahun 1980-an.

“Kami berekspektasi untuk melihat pusaran semcam itu di kutub utara saturnus, ketika kutub utara manjadi lebih hangat. Bentuknya akan benar-benar mengejutkan," ucap Leigh Fletcher dari Universitas Leiceste, seperti dilaporkan Newshub, Kamis (6/9/2018).

Ia mempelajari data yang dikirim kembali ke Bumi oleh penyelidik Cassini-Huygens. Ia juga menambahkan bahwa salah satu dari segi enam itu muncul secara spontan dan identik pada dua ketinggian yang berbeda.

 

Ada sisi yang lebih rendah di awan dan sisi satu lagi di Stratosfer. Mungkin sebenarnya segi enam adalah struktur menjulang yang mencakup rentang vertikal beberapa ratus kilometer.

Saat ini belahan utara Saturnus berada di puncak musim panas, setelah musim dingin selama 1 dekade lamanya. Dipercaya bahwa suhu yang berubah ada hubungannya dengan bentuk aneh awan Stratosfer.

Baca juga: iPhone 2018 Bakal Dirilis Lebih Murah, Berapa Harganya?

Tim Cassini-Huygens juga mengatakan bahwa struktur heksagonal tunggal yang menjulang tinggi membentang melalui atmosfer itu tidak mungkin terjadi mengingat bahwa kondisi angin sangat berubah. Gelombang segi enam tersebut seharusnya tidak dapat menyebar ke atas. Bentuk tersebut harus terperangkap di atas awan.

 

Baca juga: Jepang Bikin 'Lift' Menuju Luar Angkasa, Seperti Apa?

“Ini bisa terjadi bahwa ada asimetri mendasar antar kutub saturnus yang belum kita pahami,” kata Dr. Fletcher. Apa yang terjadi di langit Saturnus mulai dari bentuk segi enam dan mengapa berubah warna akan tetap menjadi misteri.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini