Share

Ditemukan Hiu Pertama Pemakan Tumbuhan, Ini Wujudnya

Nadia Tisca Ekasari, Jurnalis · Kamis 06 September 2018 16:26 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 06 56 1946961 ditemukan-hiu-pertama-pemakan-tumbuhan-ini-wujudnya-8BO2cQds2F.jpg (Foto: Alamy/Theguardian)

JAKARTA - Sebagian besar hiu digambarkan sebagai hewan pemakan daging. Ternyata hewan pemakan daging ini ada yang berjenis hiu omnivora atau hiu pemakan Tumbuhan.

Seperti yang dilansir pada laman The Guardian, Kamis (6/9/2018), menurut para peneliti Amerika Serikat, hiu bonnethead adalah hiu pemakan rumput yang termasuk dalam jenis kelompok hiu martil yang sering ditemukan di pantai Amerika. Hiu tersebut dinobatkan menjadi hiu omnivora.

Hiu Bonnethead sering ditemukan di perairan dangkal di Pasifik timur, Atlantik Barat dan Teluk Meksiko, mereka juka memakan udang, siput dan ikan bertulang. Perawakan dari hiu ini kecil tidak seperti hiu pada umumnya. Namun, hiu betina Bonnethead bisa mencapai 5 kaki atau sekira 1,52 meter.

 

Setelah membaca laporan ada hiu yang memakan rumput laut dan tanaman laut berbunga yang membentuk padang rumput di subsea di beberapa perairan pantai, para ilmuwan dari Universitas California di Irvine dan Florida International University di Miami memutuskan untuk menyelidiki kebiasaan diet hiu ini.

Samantha Leigh, tim dari peneliti mengatakan bahwa sebagian besar konsumsi rumput laut itu tidak memberikan nilai gizi. Ia ingin melihat berapa banyak rumput laut yang dicerna hiu karena apa yang dikonsumsi hewan tidak harus sama dengan apa yang dicerna.

Untuk melihat apakah hiu itu benar-benar seekor flexitarian, para ilmuwan mengambil rumput laut dari Florida Bay dan membawanya ke lab untuk mereka menanamkannya kembali. Saat rumput laut itu berakar peneliti menambahkan bubuk natrium bikarbonat yang dibuat dengan isoto karbon spesifik ke air, ini juga memberikan bau kimia yang khas.

Baca juga: Kekuatan Snapdragon 855 Setara Chip iPhone Tahun Lalu?

Selanjutnya, peneliti membawa 5 ekor hiu bonnethead ke laboratorium. Setelah ikan itu menetap, hiu itu diberi makan selama 3 minggu makanannya seperti rumput laut dan cumi-cumi. Semua ikan yang berada di lab bertambah bobotnya.

Tes ini menunjukan bahwa ikan berhasil mencerna rumput laut dengan enzim yang merusak komponen tanaman seperti pati dan selulosa. Hiu ini bergantung pada asam lambung yang kuat untuk melemahkan sel-sel tumbuhan. Hiu ini juga disetarakan sama dengan penyu hijau muda.

 

Baca juga: Bisnis Cloud Computing Semakin Berkembang Setiap Tahun

Tes ini juga menemukan tingkat tinggi isotop karbon rumput laut di jaringan darah dan hati hiu, menunjukkan bahwa makanan yang dicerna digunakan untuk membangun dan memelihara hewan. Hasilnya menunjukan bahwa Hiu bonnethead adalah spesies hiu omnivora yang pertama diketahui.

Temuan ini dipublikasikan dalam Proceeding of the Royal Society B, yang membalikkan gagasan bahwa semua hiu adalah pemakan daging eksklusif. Mulai sekarang, para peneliti yang merawat habitat tersebut harus memperhitungkan bahwa bonnethead tidak hanya memakan tanaman, tetapi dapat menjadikan rumput laut sebanyak 60% dari makanan mereka.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini