Rupiah Melemah Tak Pengaruhi Penjualan Gadget Baru di E-commerce

Antara, Jurnalis · Jum'at 07 September 2018 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 07 207 1947343 rupiah-melemah-tak-pengaruhi-penjualan-gadget-baru-di-e-commerce-vEvLgszDgx.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Toko-toko online sepertinya belum merasakan dampak nilai tukar rupiah yang melemah terhadap dolar Amerika Serikat. Manajer Senior Pemasaran dan Komunikasi Blibli.com Lani Rahayu menyatakan dampak nilai tukar dolar naik belum terasa di platform mereka saat ini, ditandai dengan antusiasme konsumen mereka menantikan gawai terbaru yang segera masuk ke program promosi mereka.

"Untuk evaluasi kuartal tiga secara keseluruhan belum terlihat dampak. Tapi, untuk gawai, orang Indonesia senang kalau ada produk baru," kata Lani dalam jumpa pers The Big Start Indonesia Season 3 di Jakarta, pada 6 September 2017.

Sementara itu, Manajer Komunikasi Korporat Bukalapak Evi Andarini menyatakan tidak ada dampak siginifikan nilai tukar dolar yang tinggi terhadap penjualan gadget di tempat mereka.

Hal serupa juga dikemukakan Shopee melalui Country Brand Manager Indonesia, Rezki Yanuar. Dia memperkirakan salah satu penyebab tidak ada penurunan penjualan gawai karena Shopee sedang menggelar pesta belanja pada periode September ini.

Dollar

Baca Juga: Google Ungkap Pixel 3 dan Pixel 3 XL pada 12 Oktober

"Saat ini baik-baik saja, tidak ada penurunan atau bagaimana," kata Rezki.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS melemah akibat tekanan dari dalam maupun luar negeri, yang disebut "perfect storm" atau badai yang sempurna oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Sri Mulyani dalam rapat kerja Badan Anggaran di Jakarta, pada 4 September 2018, menyatakan badai yang sempurna itu berupa defisit neraca transaksi berjalan pada triwulan II-2018 sempat tercatat sebesar tiga persen terhadap PDB yang disertai guncangan ekonomi yang terjadi di Venezuela, Argentina, serta Turki.

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank menguat 48 poin menjadi Rp 14.880 per dolar AS pagi ini, dari posisi sebelumnya Rp 14.928.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini