Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tahukah Anda Mengapa Seseorang Bisa Lupa Password?

Anggita Nurlitasari, Jurnalis · Senin 10 September 2018 07:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 09 07 207 1947639 tahukah-anda-mengapa-seseorang-bisa-lupa-password-bbyK4pkVD9.jpg (Foto: TNW)

JAKARTA - Seseorang terkadang lupa password yang telah dibuatnya. Tahukan Anda mengapa seseorang bisa lupa password, sehingga ia kesulitan ketika login di media sosial.

Dilansir Phys, penelitian dilakukan oleh peneliti Rutgers University-New Brunswick. Lupa atau tidaknya seseorang pada password bergantung pada pentingnya kata sandi dan seberapa sering mereka menggunakannya.

"Situs web berfokus untuk memberi tahu pengguna jika kata sandi mereka lemah atau kuat, tetapi mereka tidak melakukan apa pun untuk membantu orang mengingat password," kata Janne Lindqvist, rekan penulis studi dan asisten profesor di Departemen Teknik Listrik dan Komputer di School of Engineering.

Sebagai informasi, password berbasis teks sulit untuk diingat dan kebanyakan orang lebih memilih menggunakan password yang sederhana dan tidak aman. Studi ini menemukan bukti bahwa memori manusia secara alami beradaptasi berdasarkan perkiraan seberapa sering kata sandi akan dibutuhkan.

 

Password yang sering digunakan cenderung tidak akan terlupakan, dan perancang sistem perlu mempertimbangkan bagaimana memori bekerja dari waktu ke waktu.

"Model kami dapat digunakan untuk memprediksi memorabilitas kata sandi, mengukur apakah orang mengingatnya dan meminta perancang sistem kata sandi untuk memberikan insentif bagi orang untuk masuk secara teratur," kata Lindqvist.

Temuan utama peneliti menunjukkan bahwa lupa kata sandi selaras dengan salah satu teori psikologi memori yang menjadikan beberapa orang mengalami frustasi.

Penelitian yang dikaji oleh para peneliti di Rutgers New Brunswick dan Aalto University di Finlandia secara resmi dipublikasikan bulan lalu pada Simposium Keamanan USENIX ke-27 di Baltimore, Maryland.

Baca juga: Teknisi Klaim Temukan Puing MH370 di Google Maps, Ini Fotonya

Simposium konferensi internasional tier-1 meliputi kemajuan praktis yang baru dan signifikan secara ilmiah dalam keamanan komputer.

 

USENIX adalah asosiasi keanggotaan teknis pertama yang menawarkan akses terbuka ke penelitian, dengan berbagai acara yang meliputi sysadmin, keamanan, sistem, dan banyak lagi.

Baca juga: Ini 5 Ponsel Terbaik dengan Layar Ukuran Besar

Simposium Keamanan USENIX menyatukan para peneliti, praktisi, administrator sistem, programer, dan siapa pun yang tertarik dengan kemajuan terbaru dalam keamanan dan privasi sistem dan jaringan komputer.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini