Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Unik, Peneliti Ungkap Robot Miliki Rasa Curiga Seperti Manusia

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 07 September 2018 14:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 07 56 1947404 unik-peneliti-ungkap-robot-miliki-rasa-curiga-seperti-manusia-H1GJAwL1Ov.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Walau memiliki kecanggihan mumpuni, robot biasanya digambarkan sebagai benda yang tidak memiliki emosi. Tidak seperti manusia, semua tindakan dan keputusan mereka didasarkan pada informasi dan data yang tersedia.

Dilansir dari Ubergizmo, Jumat (7/9/2018), menariknya sebuah studi oleh peneliti di Cardiff University dan Massachusetts Institute of Technology (MIT) telah ditemukan bahwa robot sebenarnya memiliki kemampuan untuk mengembangkan rasa prasangka atau curiga seperti manusia.

Dalam simulasi penelitian robot, robot dapat memilih untuk memilih berinteraksi dengan robot lain di dalam atau di luar kelompok pribadi mereka. Ini didasarkan pada reputasi dan juga strategi donasi.

Robot

Baca Juga: Game Bloodborne Meluncur ke PlayStation Now

Hasilnya, seiring waktu terdapat peningkatan prasangka terhadap robot yang bukan bagian dari kelompok di dalamnya.

“Simulasi kami menunjukkan bahwa prasangka merupakan kekuatan alam dan melalui evolusi, dengan mudah dapat menjadi insentif pada populasi virtual, sehingga merugikan konektivitas yang lebih luas dengan orang lain. Perlindungan dari kelompok prasangka dapat secara tidak sengaja menyebabkan individu membentuk kelompok prasangka lebih lanjut, yang mengakibatkan populasi yang terputus. Prasangka yang meluas seperti itu sulit dibalik," kata dosen Cardiff University, Professor Roger Whitaker.

Dia menambahkan, “Hal ini layak bahwa mesin otonom dengan kemampuan untuk mengidentifikasi dengan diskriminasi dan mengikuti orang lain bisa di masa rentan terhadap fenomena merugikan yang kita lihat dalam populasi manusia”.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini