Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Posisi Jack Ma sebagai Chairman Digantikan CEO Daniel Zhang

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 10 September 2018 11:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 10 207 1948431 posisi-jack-ma-sebagai-chairman-digantikan-ceo-daniel-zhang-lZe9UdltCC.jpg Jack Ma (Foto: Tech Crunch)

JAKARTA - Alibaba Group mengumumkan bahwa CEO perusahaan, Daniel Zhang akan menggantikan posisi Jack Ma sebagai chairman tahun depan. Pasalnya dalam sebuah wawancara dengan New York Times sebelumnya, Ma menuturkan keputusannya untuk pensiun dari Alibaba Group pada 10 September 2019, tepat di hari ulang tahunya.

Dilansir dari laman Tech Crunch, Senin (10/9/2018), saat ini Ma akan terus melayani sebagai anggota dewan sampai rapat pemegang saham tahunan pada 2020. Setelah itu, Ma akan tetap menjadi mitra Alibaba seumur hidup.

Ini merupakan sekelompok 36 mitra yang diambil dari jajaran manajemen senior Alibaba Group. Mereka memegang sejumlah besar kekuasaan atas perusahaan karena memiliki hak untuk mencalonkan, atau dalam situasi tertentu, menunjuk kepada mayoritas dewan direksinya.

Menanggapi keputusan pensiunnya, Ma menuliskan sebuah surat kepada awak media. Ma menuturkan Zhang merupakan orang yang tepat untuk menggantikannya. Hal ini karena Zhang selama ini telah menunjukkan bakatnya yang luar biasa, ketajaman bisnis dan kepemimpinan sejak mengambil alih sebagai CEO.

Daniel Zhang

Daniel Zhang (Foto: Alizia)

Baca Juga: Trik untuk Membuka Slot SIM Card Jika SIM Tool Hilang

"Di bawah kepemimpinannya, Alibaba telah mengalami pertumbuhan yang konsisten dan berkelanjutan selama 13 kuartal berturut-turut. Pikiran analitisnya tak tertandingi, ia memegang misi dan visi kami, ia memeluk tanggungjawab dengan semangat, dan ia memiliki keberanian untuk berinovasi dan menguji model bisnis kreatif," kata Ma dalam suratnya.

Ma menambahkan, "Transisi ini menunjukkan bahwa Alibaba telah melangkah ke tingkat berikutnya tata kelola perusahaan dari perusahaan yang bergantung pada individu, yang dibangun di atas sistem keunggulan organisasi dan budaya pengembangan bakat".

Tidak hanya sampai di situ, Ma juga menekankan jika kepergiannya dari Alibaba Group bukan tanpa rencana atau mendadak. Dia telah mempersiapkan untuk memilih pensiun selama 10 tahun terakhir, dan tahun depan merupakan waktu yang tepat.

"Saya senang mengumumkan rencana hari ini berkat dukungan dari Alibaba Partnership dan dewan direksi kami. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih khusus kepada semua rekan Alibaba dan keluarga Anda, karena kepercayaan, dukungan, dan usaha bersama kami selama 19 tahun terakhir telah mempersiapkan kami untuk hari ini dengan keyakinan dan kekuatan," imbuh dia.

Lebih lanjut, alasan Ma mundur dari perusahaan yang ia dirikan pada 1999 ini lantaran dirinya ingin mendedikasikan waktunya untuk filantropi dalam pendidikan. Dia telah lama ingin menekuni dunia tersebut, seperti diketahui sebelumnya Ma merupakan guru bahasa Inggris.

Jack Ma

 Baca Juga: Jack Ma Bakal Pensiun dari Alibaba di Hari Ultah

"Saya juga ingin kembali ke pendidikan, yang membuat saya bersemangat dengan begitu banyak berkat karena ini adalah apa yang saya suka lakukan. Dunia ini besar, dan saya masih muda, jadi saya ingin mencoba hal-hal baru - karena bagaimana jika mimpi baru dapat terwujud?! Satu hal yang saya dapat menjanjikan semua orang adalah ini: Alibaba tidak pernah tentang Jack Ma, tetapi Jack Ma selamanya akan menjadi milik Alibaba," pungkas dia.

Untuk informasi, sebelumnya Ma mengundurkan diri sebagai CEO pada 2013, menyerahkan posisi itu kepada Jonathan Lu. Lu digantikan oleh Zhang, mantan COO Alibaba, pada 2015. Ini terjadi setelah Ma memberi tahu karyawan bahwa sudah waktunya bagi perusahaan untuk dijalankan oleh orang yang lahir pada tahun 1970-an dan setelahnya (Zhang lahir pada 1972).

 Alibaba Group

Baca Juga: Motorola G4 Plus Uji Coba Pembaruan Android 8 Oreo

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini