Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jack Ma sang 'Manusia Terkaya' yang Selalu Jadi Pusat Perhatian

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 11 September 2018 06:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 10 207 1948659 jack-ma-sang-manusia-terkaya-yang-selalu-jadi-pusat-perhatian-8PQgLnSc7k.jpg Pendiri Alibaba Group, Jack Ma (Foto: Thrive Global)

JAKARTA - Pendiri Alibaba Group Jack Ma memutuskan untuk pensiun sebagai Chairman pada 10 September 2019, tepat dihari ulang tahunnya. Keputusannya untuk mengundurkan diri merupakan hal bijaksana setelah membangun perusahaan selama 10 tahun terakhir.

Dia mengucapkan terima kasih kepada para mitra dan dewan direksi Alibaba atas persetujuan mundurnya. Setelah memilih pensiun, nantinya ia akan fokus pada bidang pendidikan dan membesarkan Jack Ma Foundation.

Peristiwa ini membuatnya menjadi pendiri pertama di antara generasi pengusaha internet terkemuka China yang mengundurkan diri dari perusahaannya. Okezone kali ini akan memberikan ulasan tentang 5 hal dari Ma yang paling menarik, berikut seperi dilansir dari laman BBC, Selasa (11/9/2018):

Jack Ma

Baca Juga: Posisi Jack Ma sebagai Chairman Digantikan CEO Daniel Zhang

1. Pernah Jadi Guru Bahasa Inggris

Jack Ma merupakan salah satu contoh pengusaha sukses asal China yang sangat populer. Dia lahir dari keluarga miskin di kota Hangzhou, China. Ia memulai karirnya dalam dunia pendidikan, yakni menjadi guru bahasa Inggris. Pria 54 tahun tersebut memilih mengajar, karena ditolak oleh 30 perusahaan termasuk di KFC.

Dia membeli komputer pertamanya pada usia 33 tahun, menariknya tanpa latar belakang ilmu komputer, Ma mendirikan Alibaba di apartemennya hampir dua dekade lalu. Setelah meyakinkan sekelompok teman untuk berinvestasi di pasar online-nya.

2. Manusia Kaya

Memiliki riwayat kesuksesan yang tak mudah, Ma menjadi orang terkaya ketiga di China. Dia memiliki kekayaan bersih USD 36,6 miliar. Menurut data dari Forbes, dia memiliki hampir 9 persen kekayaan di Alibaba yang bernilai USD 420 miliar.

Pada tahun 2014, perusahaan tersebut mampu mengumpulkan USD 25 miliar dalam penawaran saham publik terbesar di dunia. Melalui Alibaba, Ma menjadi saingan terbesar e-commerce di China dan mampu menciptakan pasar baru dengan menciptakan kembali ritel dan keuangan di China.

3. Geluti Dunia Pendidikan

Setelah mulai memikirkan rencana suksesi sejak 10 tahun yang lalu, Ma mulai mundur dari perusahaan pada 2013. Saat itu, ia mengundurkan diri sebagai chief executive officer (CEO) untuk menjadi ketua.

Ma mengatakan ingin mendedikasikan lebih banyak waktu untuk filantropi melalui Jack Ma Foundation. Tiga tahun kemudian, yayasan pendidikan berjanji untuk menyumbangkan USD 30 juta untuk inisiatif 10 tahun untuk mendukung pengajaran di pedesaan Cina.

Sementara ia berencana untuk melanjutkan perannya sebagai mitra pendiri dalam Kemitraan Alibaba. Ia sekarang ingin kembali ke dalam dunia pendidikan, yang sangat dia sukai.

"Ada banyak hal yang dapat saya pelajari dari Bill Gates, yang juga mendirikan yayasan filantropisnya sendiri sebelum mengundurkan diri sebagai kepala eksekutif Microsoft," kata Ma dalam sebuah wawancara.

Jack Ma

Baca Juga: Jack Ma Bakal Pensiun dari Alibaba di Hari Ultah


4. Buat Kagum President Trump

Pada bulan Januari 2017, Ma mengatakan dia telah mengadakan pertemuan besar di New York dengan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Setelah pertemuan itu dia mengatakan bahwa mereka berdua sepakat bahwa hubungan Amerika-China harus diperkuat, harus lebih ramah dan lebih baik.

Pada saat itu, Trump memuji Jack Ma sebagai "pengusaha besar, hebat, salah satu yang terbaik di dunia yang mencintai AS dan China."

Kemudian, Ma pun berjanji untuk membantu bisnis Amerika dengan menciptakan satu juta pekerjaan baru dengan menggunakan situs webnya untuk dijual ke China.

5. Selalu Jadi Pusat Perhatian

Pendiri Alibaba yang sering tersenyum dan karismatik ini selalu mampu menjadi pusat perhatian. Pada 2017, dia mengubah perayaan ulang tahun perusahaan menjadi acara "Thriller", dengan penampilan yang terinspirasi oleh Michael Jackson.

Kemudian, ia membuat debut aktingnya dengan film pendek kungfu pertamanya Gong Shou Dao, di mana ia berdebat dengan master seni bela diri Jet Li. Dia tidak hanya penggemar seni bela diri tetapi telah berlatih tai chi selama lebih dari 30 tahun.

Alibaba Group

Baca Juga: Pensiun, Ini Curhatan Jack Ma Lewat Surat 'Cinta'

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini