Robot Curiosity Selfie dengan Pemandangan Daratan Mars

Nadia Tisca Ekasari, Jurnalis · Selasa 11 September 2018 08:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 10 56 1948735 robot-curiosity-selfie-dengan-pemandangan-daratan-mars-xgFCu505f8.jpg (Foto: NASA)

JAKARTA – Lapisan debu tipis telihat pada Curiosity, sebagai hasil dari badai yang menyelimuti Mars dalam beberapa bulan terakhir. Langit yang gelap menunjukan debu masih menghalangi atmosfer pada 9 Agustus ketika panorama itu ditangkap oleh kamera Curiosity.

Dilansir pada laman Abc.net, Senin (10/9/2018), robot rover seukuran mobil Mini Cooper itu dilengkapi dengan 17 kamera dan lengan robot yang dilengkapi dengan peralatan dan instrumen khusus, seperti bor untuk sampel batu.

Menurut ilmuwan NASA Ashwin Vasavada, rover belum pernah menemukan tempat dengan begitu banyak variasi warna dan tekstur. “Beberapa terlihat oleh mata dan bahkan lebih terlihat ketika kita melihat di dekat-inframerah. Tepat di luar apa yang bisa dilihat mata kita,” ujarnya.

Sampel bor baru yang diambil merupakan terobosan bagi tim Curiosity, karena dua upaya terakhir rover untuk mengumpulkan sampel bor digagalkan oleh batuan yang sangat keras.

 

Para ilmuwan menguji sebuah teori bahwa meski langkan di punggungan ini mungkin terbuat dari batu yang lebih keras yang dapat menahan erosi angin, area di bawah dapat memiliki batuan yang lebih lembut dan lebih mudah terkikis.

Baca juga: Ini 5 Ponsel Terbaik dengan Layar Ukuran Besar

Mereka benar-benar mengumpulkan sampel bebatuan yang berharga, serta pandangan 360 derajat dari rover, bukit dan sekitarnya. Curiosity adalah mesin bertenaga nuklir dan arena itu tidak terpengaruh oleh kurangnya sinar matahari di Mars.

Baca juga: Pensiun, Ini Curhatan Jack Ma Lewat Surat 'Cinta'

Rover Opportunity mesin tertua NASA, bergantung pada tenaga solar dan tidak bergerak sejak Juni, pengontrol penerbangan berharap ketika langit Mars terus cerah, Opportunity dapat kembali hidup.

Akan tetapi setelah 15 tahun menjelajahi Mars, Opportunity mungkin tidak memiliki kekuatan atau kemampuan untuk pulang.

 

(ahl)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini