nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Facebook Lite Hadirkan Fitur Bantuan Korban Bencana

Anggita Nurlitasari, Jurnalis · Selasa 11 September 2018 12:44 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 11 207 1948937 facebook-lite-hadirkan-fitur-bantuan-korban-bencana-w7TGDm8mAM.jpg (Foto: Slashgear)

JAKARTA - Facebook merupakan aplikasi media sosial yang digunakan untuk Anda bertukar informasi dengan orang yang Anda ikuti. Aplikasi besutan Mark Zukerberg ini memiliki versi Lite yang baru-baru ini menerima akses ke alat krisis komunitas yang penting.

Akses tersebut disebut Bantuan Komunitas, fitur yang diluncurkan awal tahun lalu sebagai cara agar pengguna Facebook menawarkan (dan menemukan, bila perlu) membantu dari komunitas mereka setelah terjadi bencana. Pengguna ponsel tidak lagi harus menggunakan aplikasi Facebook reguler untuk mengakses fitur ini.

Dilansir Slashgear, Selasa (11/9/2018), Bantuan Komunitas itu sudah diluncurkan pada Februari 2017 sebagai cara bagi pengguna untuk berbagi tempat tinggal, makanan, dan transportasi dengan orang lain di wilayah yang membutuhkannya.

 

Alat ini dirancang untuk membantu individu yang membutuhkan bantuan setelah kebakaran dan bencana alam.

Kini, lebih dari satu tahun, Facebook membawa fitur tersebut ke Facebook Lite, sebuah versi dari aplikasi yang dirancang untuk berjalan pada smartphone low-end di daerah-daerah dengan koneksi Internet yang lambat. Fitur ini ditayangkan di AS Kanada, Australia, Arab Saudi, India, dan banyak lagi.

Baca juga: Robot Curiosity Selfie dengan Pemandangan Daratan Mars

Versi aplikasi ini membutuhkan lebih sedikit data daripada aplikasi Facebook biasa, memiliki beberapa cara untuk mengatasi ketersediaan internet yang buruk, dan tidak membutuhkan banyak ruang di perangkat. Untuk mengakomodasi situasi tersebut, Facebook harus membuat beberapa kompromi dalam hal fitur, meninggalkan banyak dari aplikasi Lite-nya.

 

Baca juga: 3 Aplikasi untuk Unduh Instagram Stories

Bantuan Komunitas awalnya adalah menjangkau sedikit kawasan namun kini tampak perluasan fitur yang dinilai penting untuk membantu mereka di wilayah berkembang untuk mendapatkan dan menawarkan bantuan yang sama.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini