Cegah Barang Hilang, Samsung Ungkap SmartThings Tracker

Anggita Nurlitasari, Jurnalis · Selasa 11 September 2018 17:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 11 57 1949046 cegah-barang-hilang-samsung-ungkap-smartthings-tracker-RMzlbz5dbF.jpg (Foto: Neowin)

JAKARTA - Pelacak objek seperti Tile telah ada selama beberapa tahun. Alat tersebut membantu pengguna mengawasi barang berharga dengan menghubungkannya ke smartphone melalui Bluetooth.

Dilansir Neowin, Selasa (11/9/2018), Tile tracker merupakan alat pelacak GPS yang dapat direkatkan di perangkat laptop dan dapat melacak barang yang hilang hingga 150 meter. Tile tracker bekerja dengan membunyikan alarm setiap kali keduanya keluar dari jangkauan nirkabel satu sama lain.

Pada 2014, Nokia membawa fitur pelacakan tersendiri dalam perangkat Lumia dalam bentuk Treasure Tag. Namun, Tile Tracker ini memiliki keterbatasan dengan Bluetooth bahwa alat itu hanya berkomunikasi dalam rentang yang sangat terbatas, dan itu tidak bisa menjangkau objek yang sudah jauh dari pengguna.

Untuk mengatasi itu, Samsung hari ini mengumumkan SmartThings Tracker, yang merupakan pelacak objek yang bekerja dengan dukungan LTE-M. Ini membuatnya tetap terhubung sepanjang waktu hingga satu minggu dengan sekali pengisian.

 

Pengguna dapat melacak objek mereka, sehingga alat ini membantu agar barang kesayangan pengguna bisa ditemukan ketika hilang. Perangkat didukung aplikasi SmartThings untuk Android dan iOS, serta dapat diakses oleh banyak pengguna pada saat yang bersamaan.

Berkat konektivitasnya yang selalu aktif, pelacak juga dapat berfungsi sebagai sensor untuk menyalakan lampu ketika tiba di rumah.

Baca juga: 5 Game Strategi Terbaik yang Bisa Diunduh Gratis

SmartThings ini juga memungkinkan untuk mengatur 'zona geofencing' dan membuat peringatan ketika objek yang dilacak masuk atau meninggalkan area tersebut. Misalnya dapat digunakan untuk melacak hewan peliharaan yang mungkin telah lari dari rumah.

 

Baca juga: Ini 5 Ponsel Terbaik dengan Layar Ukuran Besar

Perangkat ini juga memiliki peringkat IP68 yang tahan air dan debu, sehingga cocok digunakan di sebagian besar lingkungan. Samsung SmartThings Tracker akan diluncurkan akhir pekan ini pada 14 September melalui AT&T.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini