nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Smartphone dengan Fitur Lipat Kelak Gantikan Komputer?

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 14 September 2018 06:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 13 207 1950042 smartphone-dengan-fitur-lipat-kelak-gantikan-komputer-AkYvjBEo75.jpg Ilustrasi Ponsel Lipat (Foto: Celesi)

JAKARTA - Pada akhir Juli 2018, Huawei mengungkapkan siap menantang Samsung dengan meluncurkan ponsel lipat pertama di dunia. Sebelumnya, sudah sejak lama Samsung juga menggoda penggemarnya dengan mengungkapkan jika pihaknya akan meluncurkan Galaxy F sebagai ponsel lipat pertama.

Dilansir dari laman BGR, Kamis (13/9/2018) tampaknya Samsung telah banyak mengulas bocoran mengenai produk dibandingkan dengan Huawei. Bahkan, belum lama ini vendor asal Korea Selatan tersebut kabarnya akan mengungkapkan handset pada November 2018.

Menariknya, belum lama ini CEO Huawei, Richard Yu akhirnya menggoda para penggemarnya dalam wawancara luas dengan situs berita Jerman Die Welt. Dia mengatakan jika perangkat ini akan menjadi generasi baru dalam teknologi dan akan menggantikan perangkat tradisional lainnya.

"Kenapa kamu masih menggunakan komputer? Mungkin karena tampilan smartphone terlalu kecil untuk Anda. Kami akan mengubahnya. Bisa dibayangkan bahwa layar bisa dilipat," kata dia.

Dia juga mengatakan jika saat ini handset sedang dalam proses pengerjaan dan pengembangan. Sehingga memerlukan waktu satu tahun untuk waktu peluncurannya.

Ponsel Lipat

Baca Juga: Update PUBG Hadirkan Modus Training dan Tantangan Baru

Selain itu, Yu juga mengungkapkan fitur-fitur lain yang mungkin tersemat dalam ponsel lipat. Perangkat Huawei lainnya di tahun mendatang, termasuk 5G dan fitur kecerdasaan buatan (AI) yang lebih baik.

“Tidak ada perangkat yang lebih personal. Itu akan menjadi kunci, baik di tempat kerja, dalam kehidupan pribadi, ketika membayar atau hiburan. Dengan kecerdasan buatan itu menjadi lebih pintar," imbuh Yu.

Menurut Yu, AI akan menghadirkan fitur tambahan di luar kamera dan gambar. Lengkapnya, fitur AI dapat membantu penciptaan augmented reality (AR) serta terjemahan bahasa real time.

Lebih lanjut, menurut Yu, teknologi 5G juga akan memainkan peran dalam evolusi smartphone.

“Kita akan melihat lebih banyak evolusi daripada revolusi ketika datang ke perangkat. Pengguna pasti akan lebih bersenang-senang. Kami baru saja berbicara tentang terjemahan real time. Percakapan dapat dikirim ke cloud dan kembali secepat kilat dengan waktu respon yang sangat singkat," katanya.

Sebagai informasi, hari ini Huawei juga mengumumkan tanggal peluncuran ponsel Mate 20, yang akan diperkenalkan pada 16 Oktober 2018. Ini tampaknya akan menjadi waktu yang tepat untuk memberikan rincian tentang ponsel lipat.

Huawei

Baca Juga: Menilik Lebih Dekat iPhone XR dengan Layar LCD 6,1 Inci

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini