nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Planet Dekati Bulan Bisa Dilihat dengan Mata Telanjang

Nadia Tisca Ekasari, Jurnalis · Jum'at 14 September 2018 08:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 09 13 56 1950119 3-planet-dekati-bulan-bisa-dilihat-dengan-mata-telanjang-z0eG49yUMm.jpg (Foto: Space)

JAKARTA – Penduduk Qatar akan melihat dan mengamati 4 planet yaitu Jupiter, Saturnus, Mars dan Venus di atas langit bulan ini. Tiga dari empat planet akan mendekat ke Bulan pada waktu yang berbeda selama September.

Dilansir dari laman The Peninsula Qatar, Kamis (13/9/2018), Qatar Calender House (QCH) sudah mengumumkan pada bulan ini bahwa 3 planet akan mendekati bulan. Fenomena astronomi ini sangat penting karena panduan bagi para astronom amatir untuk mengetahui peta langit selama bulan ini dan memvalidasi perhitungan astronomi.

Planet raksasa “Jupiter” akan mendekati bulan, di mana ia akan berada di pusat jarak 4 derajat selatan bulan. Penduduk Qatar akan dapat mengamati Jupiter dan Bulan bersama dengan mata telanjang di langit barat, langit Qatar setelah matahari terbenam.

 

Waktu matahari terbenam di langit Qatar pada pukul 17:40, sementara waktu yang ditetapkan Jupiter akan berapa pada pukul 8:37 malam waktu setempat, kata ahli astronomi di QCH Dr Beshir Marzouk.

Pada Senin, 17 September, penduduk Qatar akan memiliki kesempatan yang baik untuk melihat planet dengan cincin indah “Saturnus” mendekati Bulan. Selain itu, Saturnus akan berada di 2 derajat selatan dari pusat Bulan.

Baca juga: Menilik Lebih Dekat iPhone XR dengan Layar LCD 6,1 Inci

Penduduk Qatar akan melihat dan mengamati Saturnus dan Bulan bersama dengan mata telanjang di cakrawala barat daya langit Qatar dari waktu matahari terbenam sampai waktu Saturnus, pada Senin pukul 17:38 waktu setempat.

 

Baca juga: 5 Software yang Membantu Anda Mendesain Logo

Pada Kamis, 20 September, Mars akan berada di 5 derajat pusat Bulan selatan di atas arah tenggara langit Qatar. Penduduk Qatar akan memiliki kesempatan untuk melihat Mars dan Bulan Bersama dengan mata telanjang di ufuk tenggara dari waktu matahari terbenam di atas langit Qatar.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini