nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Alasan Apple Usung Dual SIM untuk iPhone Terbaru

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 13 September 2018 14:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 13 57 1949908 ini-alasan-apple-usung-dual-sim-untuk-iphone-terbaru-3ghNWqyxm9.jpg Peluncuran iPhone Terbaru (Foto: Tech Radar)

JAKARTA - Sebagai raksasa teknologi asal Amerika, Apple memainkan peran besar dalam teknologi ponsel. Peran tersebut terkait ukuran SIM dari standar, mikro, hingga Nano yang kemudian diterapkan oleh banyak smartphone.

Belum lama Apple juga memperkenalkan kemampuan eSIM dalam Apple SIM pada perangkat iPad Pro 9,7 inci. Namun menariknya, Apple sebelumnya tak pernah membawa fitur dual SIM pada perangkat iPhone yang sudah diterapkan oleh banyak vendor.

Dilansir dari laman Tech Radar, Kamis (13/9/2018) kini dengan jajaran iPhone X terbaru 2018, Apple telah sepenuhnya menggunakan kemampuan SIM ganda yang ditemukan pada ketiga model yang diperkenalkan, yakni iPhone XS, XS Max, dan XR.

 Menariknya lagi, cara Apple menerapkan fitur ini berbeda untuk ponsel yang dijual di China dan ponsel yang dijual di seluruh dunia. Versi China memiliki dua slot SIM untuk menambahkan dua kartu SIM nano fisik sedangkan versi global mendapat satu slot SIM dan SIM yang tersemat atau eSIM.

New iPhone

Baca Juga: Ini Keunggulan iOS 12 yang Tertanam di iPhone XS

Namun, hal tersebut menimbulkan sedikit kekhawatiran, di mana belum banyak perusahaan telco yang mendukung adanya eSIM.

Namun ada kemungkinan ini adalah rencana Apple untuk mendorong perusahaan telekomunikasi agar menawarkan layanan eSIM. Sama seperti Apple mendorong ukuran kartu SIM pada iPhone sebelumnya, yang kemudian ditiru berbagai vendor smartphone.

Untuk informasi, banyak orang Amerika dan Eropa Barat yang tidak menganggap bahwa fitur SIM ganda benar-benar dibutuhkan. Namun, untuk sebagian orang Asia dan Afrika fitur tersebut diperlukan untuk beberapa alasan.

Beberapa orang menggunakannya untuk mendapatkan data dan rencana panggilan terbaik yang mungkin tidak ada di telco yang sama sementara yang lain menggunakannya untuk memiliki dua nomor yang berbeda, seperti, untuk pekerjaan dan pribadi.

Selain itu, traveler juga menyukai fitur ini untuk menghemat biaya roaming dengan melengkapi slot SIM sekunder mereka dengan kartu SIM lokal di tempat tujuan.

Apple

Baca Juga: Selain iPhone XS, Apple Juga Ungkap Apple Watch Series 4

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini