nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Intip Kecanggihan Chip A12 Bionic yang Perkuat iPhone XS

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 13 September 2018 16:51 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 13 57 1950008 intip-kecanggihan-chip-a12-bionic-yang-perkuat-iphone-xs-ktqFzLwC2R.jpg Apple (Foto: iNews UK)

JAKARTA - Apple baru saja mengumumkan tiga varian iPhone terbaru, yakni iPhone XS, XS Max, dan XR di di Teater Steve Jobs, Cupertino, California. Semua handset dibekali dengan chipset terbaru milik Apple, yakni A12 Bionic.

Kabarnya chip tersebut dikemas dengan teknologi kecerdasan buatan (AI) yang dirancang untuk meningkatkan kinerja keseluruhan dari handset.

Dilansir dari laman Forbes, Kamis (13/9/2018), lengkapnya chip juga dilengkapi dengan mesin neural yang ditingkatkan dengan delapan inti, bukan dua seperti yang ditampilkan dalam chip A11 Bionic. Teknologi ini seharusnya akan membantu iPhone baru untuk meluncurkan aplikasi hingga 30% lebih cepat dan membuat hasil foto yang lebih baik.

A12 Bionic merupakan chip 7 nanometer dengan 6,9 miliar transistor, GPU 4-core, dan CPU 6-core. Baik GPU dan CPU dirancang oleh Apple agar lebih hemat energi dan kuat daripada pendahulunya.

iPhone XR

Baca Juga: Resmi Meluncur, Ini Harga dan Spesifikasi iPhone Terbaru

Wakil Presiden Senior Marketing Apple, Phil Schiller mengungkapkan jika A12 Bionic dapat dikatakan sebagai chip paling kuat yang pernah ada dalam sebuah smartphone dan akan memberikan pengalaman bermain ponsel yang mumpuni.

"Mesin saraf ada di sana untuk memungkinkan iPhone menjalankan perangkat lunak jaringan syaraf yang menggerakkan peningkatan berbagai fitur pintar iPhone, seperti Face ID, Animojis, dan pengenalan suara," kata dia.

Sementara itu, Direktur Senior Marketing iPhone, Kaiann Drance mengatakan jika pengembang aplikasi akan dapat memanfaatkan perangkat keras AI di iPhone.

"Dengan cara yang sebelumnya tidak mungkin menggunakan CoreML. Pada dasarnya, mereka akan dapat mengintegrasikan lebih banyak fitur AI ke dalam aplikasi mereka sendiri," katanya.

Untuk informasi, selain Apple vendor ponsel cerdas lainnya seperti Google dan Huawei juga berlomba untuk menyematkan chip AI baru ke perangkat mereka. Hal ini baik untuk meningkatkan berbagai fitur dalam handset.

Apple

Baca Juga: Ini Keunggulan iOS 12 yang Tertanam di iPhone XS

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini