nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Facebook Perangi Hoax dengan Fitur Pengecekan Foto dan Video

Anggita Nurlitasari, Jurnalis · Sabtu 15 September 2018 08:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 14 207 1950546 facebook-perangi-hoax-dengan-fitur-pengecekan-foto-dan-video-OoOeLMjuQV.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Facebook telah mengambil beberapa langkah besar untuk menghentikan beredarnya hoax sejak pemilihan presiden Amerika Serikat pada 2016. Pihaknya juga telah bekerja dengan 27 mitra untuk memeriksa kebenaran berita dan jejaring sosial.

Dilansir Ubergizmo, Sabtu (15/9/2018), kerjasama tersebut merupakan upaya para mitra untuk memeriksa fakta foto dan video yang mungkin telah digunakan untuk propaganda.

Menurut Facebook, fitur pembelajaran yang didukung teknologi canggih ini akan memungkinkan peninjau untuk mengidentifikasi foto dan video yang sarat makna hoax. Kemudian secara otomatis agar mengambil tindakan yang relevan sehingga konten tersebut tidak menyebar di jaringan facebook.

Facebook

Baca Juga: Instagram Tingkatkan Keamanan Konten Pasca Tagar #ProAnorexia Viral

Lengkapnya, teknologi tersebut secara proaktif akan menandai posting dengan media yang mungkin salah menggunakan sinyal yang berbeda yang juga mencakup umpan balik dari pengguna.

Setelah sistem menandai pos dengan media tersebut. Lalu akan diperiksa oleh pemeriksa fakta pihak ketiga untuk melihat apakah konten itu nyata atau tidak. Facebook telah berjanji untuk terus berinvestasi dalam teknologi seperti ini untuk memastikan bahwa hal tersebut dapat mencegah adanya hoax yang menyebar di platformnya.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini