nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Spesies Baru Terumbu Karang untuk Obati Kanker

Nadia Tisca Ekasari, Jurnalis · Senin 17 September 2018 20:20 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 17 56 1951784 spesies-baru-terumbu-karang-untuk-obati-kanker-hmQzGQJTcd.jpg Ilustrasi (Foto: Vietnam-travel)

JAKARTA – Sebuah penelitian Marine Science menggambarkan spesies Octocoral baru berwarna merah darah yang ditemukan di Panama. Spesies dalam genus Thesea ditemukan di lingkungan terumbu rendah cahaya yang terancam di Hannibal Bank, 60 km dari daratan Pacific Panama.

Dilansir dari laman Science Daily, Senin (17/9/2018), penemuan ini ditemukan oleh para peneliti di Smithsonian Tropical Research Institute di Panama dan Centro de Investigacion en Ciencias del Mar y Limnologia (CIMAR) di Universitas Kosta Rika.

Para ilmuwan menemukan spesies baru, Thesea dalioi, dengan membandingkan ciri-ciri fisiknya seperti ketebalan cabang dan warna koloni merah cerah, dengan satu satunya spesies lain di genus di Pacific timur, T. variabilis.

T. dalioi dinamakan Ray Dalio, seorang pendukung eksplorasi laut. Namanya dimaksudkan untuk mengakui konstribusi berharga Dalio untuk penelitian kelautan dan penjangkauan public.

 

Hannibal Bank, bagian dari Taman Nasional Coiba dan situs warisan dunia UNESCO. “Setelah hanya dua ekspedisi menggunakan submersible hingga 300 meter, kami telah mengidentifikasikan 17 spesies oktokoral untuk Hannibal Bank, termasuk penemuan dan deskripsi 3 spesies baru,” ungkap Hector M. Guzman, Ahli Ekologi kelautan di STRI dan salah satu penulis dari penelitian.

Baca juga: Galaxy Note 9 Meledak, Samsung Digugat di AS

Karang dan Alga yang bergantung pada cahaya, serta bentuk kehidupan lain yang ditemukan di lingkungan cahaya rendah, hidup di terumbu mesofotik. Terumbu karang ini dianggap habitat rapuh dengan keragaman karang, alga dan spons yang tinggi.

Pada umumnya terumbu karang ini sering diabaikan karena susah untuk dijangkau. Hanya Hannibal Bank yang menjadi tempat perlindungannya.

Baca juga: Aplikasi Path Resmi Ditutup Hari Ini

Terumbu karang ini juga bermanfaat untuk medis salah satunya untuk anti kanker, perbaikan tulang dan manfaat neurologis.

“Peneliti medis telah mengidentifikasi manfaat terapeutik yang berasal dari kedua karang lunak dan keras seperti sifat anit-inflamasi dan anti kanker, perbaikan tulang dan manfaat neurologist,” ucap Guzman.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini