Paddytalk Messenger, Aplikasi Buatan Lokal Andalkan Fitur Keamanan

Nadia Tisca Ekasari, Jurnalis · Rabu 19 September 2018 15:56 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 09 19 207 1952708 paddytalk-messenger-aplikasi-buatan-lokal-andalkan-fitur-keamanan-4jFSDiuwuE.jpg (Foto: Nadia Tisca Ekasari/Okezone)

JAKARTA - Aplikasi chatting buatan anak Indonesia diluncurkan hari ini, Rabu (19/9/2018) dengan nama Paddytalk Messenger. Peluncuran aplikasi tersebut diselenggarakan di Penang Bistro, Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Muncul kekhawatiran dengan menggunakan aplikasi yang server-nya berada di luar negeri, maka risiko terkait keamanan informasi menjadi sangat tinggi. Diciptakannya Paddytalk Messenger didasari oleh pentingnya keamanan agar pesan yang dikirimkan tidak bisa dilihat oleh orang asing.

"Pembuatan Paddytalk Messenger ini karena banyak isu data yang di-sosmed disalahgunakan. Saya takut apa yang saya bicarakan kepada teman teman disalahgunakan. Masalah security yang hanya bisa buka history chat hanya di dua orang yang bersangkutan," ucap Faditya Febriata, Founder PaddyTalk Messenger.

Menggunakan aplikasi messenger produk luar negeri dianggap kurang aman. Sebab, informasi seperti sharing informasi, sharing media (photo, video, dan data) dikatakan terkirim terlebih dahulu ke luar negeri dan dikembalikan lagi ke Indonesia.

Fitur Chatting Paddytalk Messenger diklaim lebih mengutamakan keamanan, end-to-end Encryption, pesan hilang sesuai waktu pilihan pengguna, penguncian aplikasi dengan sandi pilihan pengguna, perubahan Secure Session yang bisa dilakukan kapan pun oleh pengguna. Aplikasi ini bisa di-download di Google Play dan untuk App Store akan meluncur.

“Fitur andalan kita ada end-to-end Encryption, lalu ada penguncian pada akun itu bisa pin atau fingerprint itu sesuai ponsel,” ucap Faditya Febriata.

 

Baca juga: Ini 5 Game Seru Bertema Peperangan di Android

Strategi pasar Paddytalk untuk menyaingi pasar global, dan aplikasi chatting yang ada. Untuk saat ini, masih soft launching yang diperkirakan akan launching awal 2019.

“Ini salah satu challenge ya, dengan awalnya soft lauching ini mudah-mudahan dari teman-teman media untuk membantu memasarkan. Mungkin kalo nanti ada permintaan kita akan melakukan roadshow,” ujarnya.

Baca juga: Kecanggihan Kamera Ponsel Tak Bisa Tandingi Kamera Mirrorless

Paddytalk Messenger ini merupakan Karya Anak Bangsa yang server-nya berada di dalam negeri dan menggunakan jaringan data lokal.

"Berbeda dengan WhatsApp (WA), Paddytalk lebih ringan daripada WA, dan lebih aman juga bisa di-download di Android," ucap Ibnu Dwi Cahyo dari CISSReC (Communication and Information System Security Research Center).

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini