Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Miliarder Jepang Jadi Penumpang SpaceX Pertama ke Bulan

Agregasi VOA, Jurnalis · Rabu 19 September 2018 11:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 19 56 1952526 miliarder-jepang-jadi-penumpang-spacex-pertama-ke-bulan-PfMyTKnFBS.jpg (Foto: Reuters/VOA)

CALIFORNIA - SpaceX, perusahaan transportasi luar angkasa milik Elon Musk, mengumumkan miliarder Jepang, Usaku Maezawa, sebagai penumpang pertama penerbangan ke bulan. Maezawa adalah pendiri dan kepala eksekutif perusahaan retail busana, Zozo.

Mantan pemain drum sebuah band punk, perjalanan Maezawa ke Bulan untuk sementara direncanakan pada 2023 dengan menggunakan pesawat SpaceX yang akan diluncurkan, yaitu Big Falcon Rocket. Demikian dilansir dari Reuters.

Pengumuman penumpang pertama ke Bulan membawa bisnis perjalanan komersial ke luar angkasa ke persaingan baru.

Sebagai orang yang pertama terbang ke Bulan setelah misi Apollo Amerika selesai pada 1972, identitas Maezawa sudah diumumkan pada Senin (17/8) sore di kantor pusat SpaceX dan sekaligus pabrik roket di kawasan pinggiran Hawthorne di Los Angeles.

Maezawa terkenal di luar Jepang karena membeli lukisan tak berjudul dari tahun 1982 karya Jean-Michael Basquiat pada 1982 dengan harga USD110 juta. Maezawa berkata akan mengundang beberapa seniman untuk bergabung dalam perjalanan ini.

 

Musk sebelumnya pernah mengatakan dia ingin roket siap diterbangkan tanpa awak ke Mars pada 2022 dan dengan awak penerbangan pada 2024.

“Penerbangannya tidak bisa dipastikan 100 persen,” kata Musk mengenai misi ke Bulan.

Biaya yang dikeluarkan Maezawa untuk penerbangan ini tidak diungkapkan. Namun, Musk berkata pengusaha itu telah membayarkan uang muka yang cukup besar dan akan berdampak besar pada pengembangan Big Falcon Rocket.

Maezawa yang berusia 42 tahun merupakan salah satu eksekutif yang terkenal di Jepang. Berita mengenai Maezawa sering menghiasi media-media gosip dan hiburan karena koleksi barang seninya, kesukaannya dengan mobil-mobil mewah dan pacar selebritinya. (VOA Indonesia)

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini