Kesan Pertama Menjajal Honor 9i dengan RAM 4 GB

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 19 September 2018 12:52 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 19 92 1952592 kesan-pertama-menjajal-honor-9i-dengan-ram-4-gb-1QiA31nssF.jpg (Foto: Pernita Hestin Untari/Okezone)

JAKARTA - Honor kembali merilis ponsel terbarunya di Indonesia, yakni Honor 9i. Ini merupakan versi terbaru dari ponsel Honor 9 lite yang masuk ke Indonesia sekira akhir Maret 2018.

Okezone kali ini berkesempatan untuk mencoba Honor 9i secara langsung usai diluncurkan pada hari ini. Adapun kesan pertama saat mencoba ponsel berbasis Android 8.1 Oreo ini dipaparkan sebagai berikut.

Desain

Dalam segi desain belakang Honor 9i tidak jauh berbeda dengan pendahulunya, masih dihiasi dual kamera belakang yang berada di samping kiri atas dan LED flash, serta ada sensor finger print berada di tengah.

Menariknya, Honor 9i mengalami penyegaran total di bagian depan, sehingga lebih fresh. Bagian depan ponsel mengusung tampilan layaknya ponsel flagship saat ini, yakni bezel tipis dan notch. Posisi kamera depan berada dalam notch atau di bagian atas layar.

Ponsel ini memiliki ukuran yang lebih besar yakni 5,84 inci dengan berat 152g, yang terasa ringan dan cukup nyaman digenggam.

 

Pada sisi bagian kiri, terdapat tombol fisik power dan juga tombol volume untuk bisa menaikan dan menurunkan volume suara. Sementara pada bagian sisi kanan, terdapat slot untuk memasukan nano SIM dan microSD.

Kemudian bagian bawahnya, dilengkapi dengan USB mikro, konektor audio 3.5 mm, dan loud speaker.

Varian warna yang Okezone jajal berwarna Midnight Black. Honor 9i memiliki dua varian warna lain yakni Sapphire Blue dan Robin Egg Blue.

Performa

Dapur pacu Honor 9i masih sama dengan pendahulunya, yakni menggunakan prosesor HiSilicon Kirin 659 octa core. Ada dua pilihan RAM dan penyimpanan internal yang nanti bisa dipilih konsumen, yaitu RAM 3GB + ROM 32GB dan RAM 4GB + ROM 64GB, dengan kapasitas memori eksternal 256GB.

Varian yang Okezone coba ialah RAM 4 GB dan ROM 64GB. Dengan perbekalan tersebut, kinerja yang diberikan Honor 9i cukup mumpuni.

 

Untuk mencoba kinerja ponsel lebih lanjut, Okezone pun melakukan beberapa pengetesan. Salah satunya, dengan bermain game dan juga menjalankan aplikasi Benchmark.

Okezone langsung menginstal game Asphalt 8 yang merupakan game 3D bertema racing atau balapan mobil. Pada saat bermain Asphalt 8, handset menampilkan tampilan grafis yang cukup baik. Selain itu, saat bermain juga tidak ada lag serta gerakan mobil pun tidak melambat atau terlihat alami.

 

Selain menjajalnya dengan game Asphalt 8. Okezone juga mengujinya dengan aplikasi benchmark AnTuTu v7.1.0. Handset menunjukkan skor AnTuTu sebesar 86.706. Skor ini di bawah ponsel Huawei Nova 3i yang mencapai skor 136.687.

Baca juga: Miliarder Jepang Jadi Penumpang SpaceX Pertama ke Bulan

Kamera

Kamera Honor 9i menawarkan berbagai modus kamera, di antaranya pro foto, pro video, AR lensa, HDR, Panorama, Light Painting, Time Lapse, Filter, dan Watermark.

Untuk kekuatannya kamera belakang mengusung 13MP + 2MP dengan fitur Wide aperture dan gesture control. Saat Okezone mencoba kamera belakang cukup lumayan untuk memotrek objek jauh dan dekat.

 

Efek bokeh yang dijalankan dalam fitur Wide Aperture pun bisa menjadi pilihan saat ingin memotret objek manusia. Saat Okezone mencobanya, efek bokeh terlalu smooth sehingga sedikit tidak nyata.

Baca juga: Kecanggihan Kamera Ponsel Tak Bisa Tandingi Kamera Mirrorless

Pecinta selfie pun dimanjakan oleh kamera depan yang berukuran 16MP. Terdapat juga fitur portrait di mana kamera mampu menampilkan efek foto bokeh. Tidak hanya itu, perangkat juga mempunyai fitur moving picture di mana pengguna mampu membuat gambar bergerak atau semacam gif.

Kamera selfie Honor 9i juga menawarkan fitur beauty bila pengguna ingin wajah tampil lebih mulus tanpa detail kulit.

Selain itu adanya AR lensa menambahkan pengalaman selfie yang menarik dengan berbagai filter wajah dan background yang lucu mirip dengan aplikasi Snapchat.

Baterai

Baterai Honor 9i mengusung kapasitas 3000 mAh, dengan klaim waktu pengisian 2,5 jam. Okezone sempat menjajal pengecasan baterai saat kondisi 50 persen, di mana diperlukan waktu sekira 1 jam untuk mencapai 87 persen.

Kemudian, untuk menguji ketahanan baterai, Okezone pun menonton drama Korea sekira 5 episode dari pukul 12.38 WIB saat itu baterai masih 87 persen.

Saat selesai menonton sekirar pukul 18.00 status baterai menunjukkan daya 47 persen.

Kesimpulan

Honor 9i memiliki tampilan bodi dan layar yang menawan untuk ponsel di kelasnya. Selain itu, kualitas kamera yang dihasilkan juga cukup baik dengan efek bokeh dan beberapa fitur terkini, baik segi kamera belakang dan depan.

Untuk ketahanan baterainya pun cukup mumpuni untuk menemani aktivitas sehari-hari pengguna. Namun, dari skor AnTuTu, tampaknya ponsel kurang cocok untuk penggunaan yang terhitung berat seperti bermain game berlama-lama.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini