nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ubur-Ubur Ini Miliki Tubuh Sebesar Ikan Paus Biru

Nadia Tisca Ekasari, Jurnalis · Sabtu 22 September 2018 06:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 21 56 1953652 ubur-ubur-ini-miliki-tubuh-sebesar-ikan-paus-biru-YrTyBqgvEV.jpg (Foto: Eve Dickinson/SMH)

JAKARTA – Keluarga Dickinson sedang berjalan di pesisir pantai Aukland Utara, Selandia Baru. Salah satu anggota keluarga itu menemukan makhluk laut aneh yang mengerikan, seperti “volcano” dan bisa disebut “Alien”.

Dilansir dari laman Iflscience, makhluk itu terdampar di pantai Aukland utara. Putra dari keluarga Dickinson berpikir itu seperti gunung berapi, tetapi itu lebih mirip dengan gelembung teh. Diverifikasi oleh teknisi biologi kelautan itu adalah seekor ubur-ubur surai singa.

Sebetulnya ubur-ubur itu tidak langka dan itu merupakan hal yang cukup umum di perairan pesisir Selandia Baru selama bulan-bulan musim panas yang hangat. Dikatakan bahwa September-akhir musim dingin. Awal musim semi di belahan Bumi selatan adalah waktu awal ubur-ubur jenis surai singa untuk muncul.

 

Spesies ini dianggap Cyanea rosea, tetapi mereka yang termasuk genus Cyanea, seperti spesies capilata, kadang-kadang juga disebut sebagai ubur-ubur surai singa.

Baca juga: Xiaomi Mi A2 dan Mi A2 Lite Usung Android One, Ini Keunggulannya

Ini adalah salah satu spesies ubur-ubur terbesar di sekitar Aukland, bahkan mungkin yang terbesar. Ubur-ubur ini dapat ditemukan di beberapa bagian Pasifik di Arktik dan Atlantik utara. Mereka menggunakan tentakel untuk mengangkap mangsa.

Mereka memiliki toksin yang mampu menyengat ikan yang cukup besar, jadi sebaiknya jauhkan anggota tubuh Anda jika pernah melihat binatang ini di pesisir pantai. Tentakelnya bisa mencapai hingga 58 meter.

 

Baca juga: Mahasiswa dan Youtuber Jadi Pembeli Pertama iPhone XS

Bahkan mereka sangat besar ketika ditemui, bagian utama tubuhnya sekitar 2 meter. Secara keseluruhan, besarnya bisa menyaingi ikan paus biru yang cukup terkenal sebagai hewan terbesar di dunia.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini