Olimpiade Robot Koran Sindo Pamerkan Robot Anjing hingga Pelayan Restoran

Anggita Nurlitasari, Jurnalis · Minggu 23 September 2018 12:55 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 23 56 1954396 olimpiade-robot-koran-sindo-pamerkan-robot-anjing-hingga-pelayan-restoran-ypusdv77iV.jpg Olimpiade Robot Koran Sindo pamerkan beraneka macam robot (Foto: Anggita)

JAKARTA - Koran Sindo dan Sindonews.com kembali menggelar Olimpiade Robotika Sindo (ORS) yang kali ini dilaksanakan di Kuningan City, Minggu (23/9/18). Acara tersebut telah diikuti 800 siswa Sekolah Dasar di wilayah Jabodetabek.

Olimpiade Robotika Sindo itu sendiri merupakan ajang kerjasama dengan Robotic Explorer yang merupakan kegiatan tahunan. ORS juga dilaksanakan untuk menunjukkan kemampuan anak bangsa dalam menciptakan produk sains seperti Robotika.

Pung Purwanto, Pemimpin Redaksi Koran Sindo dan Sindonews.com juga mengungkapkan bahwa acara tersebut berguna untuk menggali potensi anak bangsa, terutama dalam bidang teknologi.

"Kita bersama Robotic Explorer ingin menggali potensi anak bangsa dengan mensosialisasikan teknologi robot yang aplikatif," jelasnya.

Robot yang ada dalam acara ini merupakan hasil kerjasama Robotic Explorer dengan China yang selanjutnya akan dioperasikan di Indonesia untuk membantu kegiatan manusia. Sebanyak 20 robot yang dipamerkan dalam acara ini seperti robot sumo, robot binatang anjing, simulator mobil balap, hingga beauty waiter.

"Robot beauty waiter merupakan robot yang dapat membantu melayani pelanggan di restoran untuk mengantar makanan. Pada saat makanan sampai, pelanggan bisa menekan tombol exit dan robotnya bisa kembali lagi ke dapur," jelas Fherdy Lianza dari Robotic Explorer.

Beauty Waiter sudah digunakan di China, Jepang dan Korea. Robot ini bisa mengangkat beban hingga 40kg. Semakin berat beban yang dibawa, maka semakin lambat jalannya.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini