Ditemukan Belut Aneh Mampu Mengembang di Laut AS

Nadia Tisca Ekasari, Jurnalis · Selasa 25 September 2018 06:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 24 56 1954748 ditemukan-belut-aneh-mampu-mengembang-di-laut-as-IZu3TTAxSy.jpg (Foto: The Nautilus Expedition)

JAKARTA – Lautan mempunyai kedalaman yang berbeda-beda. Ada lautan yang terdangkal hingga yang terdalam. Pada lautan dangkal banyak hewan yang biasa manusia jumpai dengan bentuk yang lazim, berbeda dengan lautan terdalam, di mana terdapat hewan yang dianggap aneh hidup di dalam sana.

Dilansir dari laman Australian Geographic, Senin (24/9/2018), rekaman yang dirilis akhir pekan lalu adalah contoh kehidupan di lautan dalam. Tim dari peneliti Nautilus Expedition kehilangan kelereng mereka di atas belut gulper yang mampu menggelembung.

Eksplorasi kapal (E/V) Nautilus adalah kapal 64 meter yang dimiliki oleh Ocean Exploration Trust, dan dilengkapi dengan armada kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh (ROVs) yang dapat digunakan untuk mengeksplorasi bagian laut yang memiliki kedalaman 4 KM.

The Ocean Exploration Trust dijalankan oleh DR Robert Ballard, yang dikenal karena menemukan bagkai kapal Titanic dan kapal perang Jerman Bismarck.

 

Ketika salah satu ROVs Nautilus menemukan sesuatu yang aneh mengintai ribuan meter di bawah laut, itu terlihat sekira 1,5 km di dalam Papahānaumokuākea Marine National Monument - sebuah wilayah yang terdaftar sebagai Warisan Dunia seluas 1.510.000 km persegi di perairan AS.

Baca juga: Robot Ini Berhasil Mendarat di Asteroid Berjarak 300 Juta Kilometer dari Bumi

Belut Gulper (Eurypharynx pelecanoides) ditemukan di seluruh dunia, termasuk di lepas pantai barat laut Australia Barat, Queensland utara, dan New South Wales. Belut ini jarang terlihat karena mereka hidup begitu dalam di lautan, sama seperti pelican.

Baca juga: Sebelum Buat Paspor, Ini Aplikasi yang Anda Wajib Ketahui

Belut Gulper mengembangkan rahangnya untuk memakan mangsanya dan itu membuat belut tersebut menjadi lebih besar .

Belut yang ada di rekaman tersebut masih remaja karena jika mengembang atau merentang itu bisa mencapai satu meter ketika sudah dewasa.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini