Militer Inggris Uji Coba Pemindai AI untuk Lacak Gerakan Musuh

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 24 September 2018 15:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 24 56 1954809 militer-inggris-uji-coba-pemindai-ai-untuk-lacak-gerakan-musuh-cwuyApLWTh.jpg Tentara AI di Inggris (Foto: News Sky)

JAKARTA - Penerapan Artificial Inteligent (AI) saat ini sudah banyak digunakan untuk mendukung berbagai teknologi terkini. Seperti halnya untuk sistem computing, AI mampu menampung data yang besar serta proses data yang cepat.

Dilansir dari laman News Sky, Senin (24/9/2018) tidak hanya dalam bidang ekonomi, teknologi, dan keamanan. AI kabarnya dapat membantu manusia di medan perang. Belum lama ini, AI yang memindai medan perang untuk penyerang tersembunyi telah berhasil diuji cobakan oleh Angkatan Darat Inggris.

Teknologi buatan Inggris ini dijuluki SAPIENT. Kementerian Pertahanan mengatakan teknologi ini akan membebaskan tentara lain yang hidup dengan umpan tipe CCTV untuk gerakan musuh, dan akan mengurangi kesalahan manusia.

Tentara AI di Inggris

Baca Juga: Inikah Wujud Galaxy A9 Star Pro dengan Fitur 4 Kamera Belakang?

Sistem ini diuji bersama dengan teknologi militer eksperimental lainnya, termasuk pakaian eksoskeleton robotik, penglihatan malam, dan sistem pengawasan.

"Sistem Inggris ini dapat bertindak sebagai mata otonom di medan perang perkotaan," kata Menteri Pertahanan Inggris Stuart Andrew.

Dia berharap SAPIENT mampu memberikan keunggulan dalam medan pertempuran di masa depan.

"Teknologi ini dapat memindai jalan-jalan untuk gerakan musuh sehingga pasukan dapat siap tempur dengan informasi yang lebih cepat dan lebih andal tentang penyerang yang bersembunyi di sekitar sudut. Investasi jutaan dalam teknologi canggih seperti ini akan memberi kita keunggulan dalam pertempuran di masa depan," imbuh dia.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini