Unik, Robot Ini Bisa Dikontrol dari Jarak Jauh Layani Pengunjung Kafe

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 25 September 2018 10:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 24 56 1954924 unik-robot-ini-bisa-dikontrol-dari-jarak-jauh-layani-pengunjung-kafe-Jl4KFO9J4V.jpg Robot Pelayan (Foto: Japan Today)

JAKARTA - Sebuah kafe dengan pelayan robot di distrik Akasaka, Tokyo, Jepang akan dibuka pada November 2018. Menariknya, robot tersebut mampu dikendalikan dari jarak jauh oleh orang-orang yang menderita cacat fisik.

Dilansir dari laman Japan Today, Selasa (25/9/2018), kafe yang tepatnya akan dibuka pada 6 November hingga 7 Desember akan menghadirkan robot OriHime-D yang dikendalikan oleh penyandang amyotrophic lateral sclerosis.

Amyotrophic lateral sclerosis ini merupakan satu bentuk penyakit neuron motorik. Lebih lanjut, robot pelayan tersebut memiliki tinggi 1,2 meter dan berat 20 kilogram.

Lengkapnya, robot nantinya akan mengirimkan rekaman video dan audio melalui internet. Sehingga, nantinya penyandang disabilitas mampu mengarahkan mereka dari rumah melalui tablet atau komputer.

"Saya ingin menciptakan dunia di mana orang-orang yang tidak dapat memindahkan tubuh mereka dapat bekerja juga," kata Chief Executive Officer Ory Lab. Inc, Kentaro Yoshifuji.

Ilustrasi Robot

Baca Juga: Ultah Ke-10, Ini Kisah Sukses Android

Yoshifuji menderita penyakit yang disebabkan oleh stres selama masa kanak-kanak dan mengalami kesulitan berkomunikasi. Dengan pengalaman isolasi sosialnya, ia mulai mengembangkan robot di Universitas Waseda untuk membantu menghubungkan orang.

Robot ini sebelumnya diperkenalkan pada acara yang menandai debut OriHime-D pada Agustus 2018. Robot OriHime yang lebih kecil dengan tinggi 21,5 cm dan berat sekitar 600 gram telah diperkenalkan oleh sekira 70 perusahaan untuk telecommuting.

Mereka juga dapat digunakan secara jarak jauh di ruang kelas oleh siswa yang tidak dapat menghadiri sekolah karena sakit atau alasan lain.

Ory Lab bertujuan untuk mendirikan kafe permanen yang menampilkan robot OriHime dan meningkatkan kerjasama dengan perusahaan-perusahaan menjelang Olimpiade dan Paralimpiade 2020 di Tokyo.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini