Dua Pendiri Instagram Mundur dari Facebook, Ada Apa?

Nadia Tisca Ekasari, Jurnalis · Selasa 25 September 2018 12:21 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 25 207 1955238 dua-pendiri-instagram-mundur-dari-facebook-ada-apa-tPXKTQDHrR.jpg (Foto: Venturebeat)

JAKARTA – Kevin Systorm dan Mike Krieger, pendiri Instagram dikabarkan mengundurkan diri. Dilansir dari laman Venturebeat, Selasa (25/9/2018), mereka mengatakan kepada para eksekutif Facebook pada hari Senin bahwa mereka berencana untuk meninggalkan Facebook dalam beberapa minggu mendatang.

Systrom saat ini merupakan CEO Instagram, sementara Krieger adalah CTO.

"Mike dan saya bersyukur selama delapan tahun terakhir di Instagram dan enam tahun bersama tim Facebook. Kami telah berkembang dari 13 orang menjadi lebih dari seribu orang dengan kantor di seluruh dunia, semuanya saat membangun produk yang digunakan dan dicintai oleh komunitas dengan lebih dari satu miliar. Sekarang kami siap untuk bab berikutnya," tulis Systrom.

 

Facebook mengakuisisi Instagram pada 2012 sebesar USD1 miliar, sebuah kesepakatan yang dikritik pada saat itu, tetapi sekarang mereka terlihat tawar-menawar karena aplikasi memiliki lebih dari 1 miliar pengguna bulanan.

Instagram menjadi aset penting bagi Facebook karena para pengguna semakin skeptis terhadap aplikasi utamanya setelah skandal Cambridge Analytica awal tahun ini. Pada kuartal pertama tahun ini, Facebook melaporkan penurunan pengguna di Amerika Utara, sementara pengguna Instagram di benua itu terus bertambah.

Format video singkat yang diyakini perusahaan sebagai masa depan berbagi konten di sosial media melihat lebih banyak traksi di Instagram. Instagram adalah tempat perusahaan yang bereksperimen melalui peluncuran layanan belanja dan video berdurasi panjang, IGTV.

Baca juga: Fitur Baru Google Maps 'Decide With Friends' Meluncur untuk Pengguna

Keberhasilan yang dapat menentukan bagaimana Facebook mampu mengintegrasi fitur-fitur tersebut dan berpotensi menghasilkan aliran pendapatan baru ke dalam aplikasi utamanya. Kepergian Systorm dan Krieger akan menjadi kepergian profil tinggi kedua tahun ini dari salah seorang pendiri perusahaan yang diperoleh Facebook.

 

Baca juga: Ditemukan Belut Aneh Mampu Mengembang di Laut AS

Pada April, salah satu pendiri WhatsApp dan kemudian anggota dewan Facebook Jan Koum mengumumkan bahwa dia meninggalkan perusahaan. Salah satu pendiri Brian Action meninggalkan Facebook pada September lalu.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini