Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Efisien, Cloud Computing Ibarat Sewa Taksi Tanpa Perlu Beli Mobil

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 25 September 2018 14:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 25 207 1955285 efisien-cloud-computing-ibarat-sewa-taksi-tanpa-perlu-beli-mobil-sjVOSJYLgU.jpg Ilustrasi (Foto: edX)

JAKARTA - Dalam era transformasi digital seperti sekarang ini, dunia bisnis tampaknya tak bisa dipisahkan dengan internet. Seperti halnya urusan server data untuk perusahaan bisa menggunakan Cloud Computing atau komputasi awan.

Ini merupakan inovasi teknologi yang didukung internet sebagai pusat pengelolaan data dan aplikasi. Di dalam Cloud Computing pengguna komputer diberikan hak akses yang penggunaannya hampir sama dengan shared hosting, di mana dalam satu server ada banyak pengguna.

Alex Budiyanto, Ketua Umum Asosiasi Cloud Computing Indonesia (ACCI) mengungkapkan jika di Indonesia sendiri bisnis Cloud Computing sudah sangat berkembang.

"Pemain lokal provider saat ini sudah cukup banyak, di Indonesia saat ini anggota ACCI yang terdiri dari lokal provider ada 12 provider," kata dia saat ditemui di Gedung Serbaguna Kemkominfo, Jakarta Pusat, Selasa (25/9/2018).

 

Lebih lanjut dia menyebutkan jika bisnis startup saat ini juga telah menggunakan sistem Cloud Computing sebagai fondasinya. Sekarang ini, lanjut dia bahkan 4 unicorn di Indonesia menggunakan fondasinya Cloud Computing.

"Selain itu startup pemula juga sudah aware," imbuh dia.

Kemudian, dia menjelaskan jika saat ini jenis service-nya ada tiga yakni SaaS (Software as a Service,) PaaS (Platform as a Service), dan IaaS (Infrastructure as a Service).

Baca juga: Dua Pendiri Instagram Mundur dari Facebook, Ada Apa?

Sementara itu, keuntungan menggunakan Cloud Computing menurutnya yakni perkembangan bisnis yang lebih pesat.

"Go to marketnya lebih cepat, tidak usah memiliki modal besar di awal. Biasanya kan memulai bisnis digital di awal harus memiliki server yang terhubung ke internet itu kan gede. Kalau di sini kita tinggal register ke layanan Cloud Computing, dari situ kita bisa terhubung ke internet. Salah satu keuntungannya memang efisiensi, misal kita punya uang sejuta susah untuk beli mobil. Opsinya kita sewa taksi itu kita bisa dapatkan. Jadi intinya itu seperti mau beli mobil atau menggunakan mobilnya," tutur dia.

 

Baca juga: Chip Kirin 980 Lebih Canggih Ketimbang A12 Bionic Buatan Apple?

Tidak hanya sampai di situ, dia melanjutkan jika saat ini isu keamanan data memang menjadi kekhawatiran tersendiri bagi pelanggan. Namun yang pasti menurut dia, untuk menghadapi hal tersebut pengguna harus mampu pintar memilih cloud provider yang baik. Selain itu memiliki ISO 200071.

"Banyak sekali penyedia layanan yang mengaku memiliki Cloud provider itu kita harus jeli," kata dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini