Chip Kirin 980 Lebih Canggih Ketimbang A12 Bionic Buatan Apple?

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 25 September 2018 13:14 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 25 57 1955262 chip-kirin-980-lebih-canggih-ketimbang-a12-bionic-buatan-apple-aIisBX5Lga.jpg (Foto: Neowin)

JAKARTA - Pabrik ponsel pintar asal China, Huawei beberapa tahun terakhir mampu bersaing dengan beberapa vendor besar. Pasalnya, pada kuartal kedua tahun ini Huawei mampu meraih pangsa pasar kedua terbesar di dunia dengan penjualan ponsel P20 Pro.

Ini cukup menarik, di mana Huawei mampu mengalahkan raksasa Amerika Serikat, Apple, yang menempati posisi ketiga.

Dilansir dari laman Neowin, Selasa (25/9/2018) tampaknya langkah Huawei tidak hanya sampai di situ saja. Belum lama ini, dalam gelaran IFA 2018, perusahaan mengklaim jika chip terbaru miliknya merupakan yang tercepat, bahkan mampu mengalahkan A12 Bionic milik Apple.

 

Seperti diketahui, ini merupakan prosesor yang tertanam di tiga varian iPhone terbaru. Perusahaan mengklaim prosesornya 75% lebih cepat daripada pendahulunya Kirin 970.

Kemudian, memiliki GPU 46% lebih cepat dan hingga 178% lebih hemat daya dalam beban kerja tertentu. Kabarnya Kirin 980 juga menjadi prosesor pertama di dunia yang mendukung LTE Cat 21.

Sementara itu, Apple memiliki paket chip dengan 6,9 miliar transistor dan juga mengklaim sebagai SoC 7nm pertama.

Lalu, chip tersebut dikemas dengan teknologi kecerdasan buatan (AI) yang dirancang untuk meningkatkan kinerja keseluruhan dari handset. A12 Bionic merupakan chip 7 nanometer dengan 6,9 miliar transistor, GPU 4-core, dan CPU 6-core.

Baca juga: Dua Pendiri Instagram Mundur dari Facebook, Ada Apa?

Baik GPU dan CPU dirancang oleh Apple agar lebih hemat energi dan kuat daripada pendahulunya.

Lengkapnya chip juga dilengkapi dengan mesin neural yang ditingkatkan dengan delapan inti, bukan dua seperti yang ditampilkan dalam chip A11 Bionic. Teknologi ini seharusnya akan membantu iPhone baru untuk meluncurkan aplikasi hingga 30% lebih cepat dan membuat hasil foto yang lebih baik.

 

Baca juga: Unik, Robot Ini Bisa Dikontrol dari Jarak Jauh Layani Pengunjung Kafe

Namun, yang pasti untuk sekarang ini Kirin 980 belum hadir di pasaran. Hal ini lantaran Huawei akan menyematkan chip terbarunya tersebut pada ponsel flagship terbaru, Huawei Mate 20 dan Mate 20 Pro. Ponsel tersebut kabarnya akan diluncurkan pada 16 Oktober 2018.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini