Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Seorang Anak Tewas Menghantam Tablet dalam Kecelakaan Mobil

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 27 September 2018 14:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 09 27 207 1956353 seorang-anak-tewas-menghantam-tablet-dalam-kecelakaan-mobil-3j9HM6p10a.jpg Ilustrasi (Foto: BBC)

JAKARTA - Penggunaan tablet bagi anak di dalam kendaraan menjadi suatu kekhawatiran tersendiri. Hal ini lantaran peristiwa kecelakaan yang terjadi di Spanyol, di mana seorang anak seketika meninggal setelah kecelakaan, bukan karena parahnya kejadian, namun karena ia terkena tablet yang dimainkannya.

Dilansir dari laman BBC, Kamis (27/9/2018), anak tiga tahun itu tewas setelah mobil ibunya bertabrakan dengan bagian belakang bus sekolah pada 24 September 2018. Kecelakaan itu tepatnya terjadi di Vilanova de Arousa, sebuah kota di barat laut Spanyol.

Koran lokal melaporkan jika anak tersebut mengenakan sabuk pengaman, tetapi dampaknya menyebabkan tablet terbang ke wajahnya. Organisasi keselamatan jalan telah menekankan bahwa tragedi itu sangat tidak biasa.

 Meskipun penyebab kematian belum dapat dikonfirmasi, polisi mengatakan bahwa tablet yang dimainkan tampaknya telah menyebabkan cedera kepala yang parah.

Ibunya dan seorang siswa di dalam bus itu dilaporkan dirawat karena luka ringan.

Peta di Spanyol

Baca Juga: NASA Cari Kehidupan dengan Peradaban Maju di Planet Lain

"Ini adalah kecelakaan tragis, yang akan mengirim getaran ke tulang belakang setiap orangtua yang membiarkan anak mereka menggunakan tablet atau smartphone sebagai hiburan pada setiap perjalanan mobil," kata ahli keamanan jalan RAC, Pete Williams kepada BBC.

"Kami belum pernah mendengar tentang insiden serupa tetapi penting untuk menyadari bahwa dalam kecelakaan berkecepatan tinggi benda keras yang tidak diikat di dalam kendaraan memiliki potensi untuk menjadi proyektil mematikan".

Tablet dan perangkat elektronik lainnya biasanya digunakan oleh orangtua untuk membuat anak mereka terjaga selama perjalanan di mobil.

Seorang presiden Asosiasi Mobil, Edmund King mengatakan jika kejadian seperti ini dapat dicegah dengan menggunakan alat penyangga tablet.

"Ada produk yang dapat digunakan untuk memasang perangkat ke kursi di depan, yang dapat digunakan orangtua untuk mengurangi risiko bahwa benda tidak aman dapat berpose. Namun, kami tidak mengetahui adanya kasus serupa dan ini tampaknya menjadi insiden aneh," kata dia.

Penempatan Tablet yang Aman di Mobil

Baca Juga: Pendiri WhatsApp Akui Jual 'Privasi' Pengguna ke Facebook

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini