Listrik Padam Usai Tsunami Palu, XL Andalkan Genset untuk Hidupkan BTS

Anggita Nurlitasari, Jurnalis · Minggu 30 September 2018 12:24 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 30 54 1957610 listrik-padam-usai-tsunami-palu-xl-andalkan-genset-untuk-hidupkan-bts-7lbv2xv8HP.jpg Ilustrasi BTS

JAKARTA - Bencana yang menimpa masyarakat Sulawesi Tengah mengakibatkan rusaknya bangunan serta melumpuhkan fasilitas publik yang ada di lokasi, termasuk layanan telekomunikasi dan internet.

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) dalam hal ini memastikan bahwa masyarakat di wilayah bencana yang menggunakan nomor XL Axiata tetap bisa berkomunikasi dengan keluarga ataupun rekan yang berada di luar wilayah.

Komunikasi tersebut bisa diakses terutama pada layanan voice dan SMS, sejauh ini tim teknis XL Axiata tengah meluncur ke lokasi infrastruktur jaringan untuk memastikan jaringan tetap bisa diakses.

"Alhamdulillah kondisi jaringan kami aman tetap normal di Palu, hanya beberapa site di Sulteng yang terganggu karena pasokan listrik yang dimatikan paska gempa. Sementara jaringan di Sulbar terpantau normal. Kami akan terus memantau kondisi di sana. Tak lupa, atas nama keluarga besar XL Axiata, kami turut berduka atas gempa yang terjadi di Sulteng & Sulbar," kata Tri Wahyuningsih, Group Head Corporate Communication XL Axiata kepada Okezone, Minggu (30/9/2018).

 

Yessie D. Yosetya, Direktur Teknologi XL Axiata melalui keterangan resminya mengataka bahwa XL akan berusaha keras menjaga agar layanan tetap bisa beroperasi di tengah situasi bencana ini.

Ia mengatakan, saat ini layanan XL Axiata tetap bisa beroperasi, termasuk di Kota Palu dan Donggala yang paling kuat mendapatkan guncangan.

Baca juga: Facebook Diretas, Hacker Bisa Akses 50 Juta Akun Pengguna

"Kami akan segera menyediakan fasilitas telepon gratis agar masyarakat bisa melakukan komunikasi ke luar wilayah bencana dan membantu pihak pemerintah, aparat atau siapa saja yang membutuhkan layanan komunikasi, terutama untuk penanganan bencana ini,” ujar Yessie.

Baca juga: Bocoran Bodi Depan dan Belakang Razer Phone 2 Terungkap

Gempa yang terjadi mengakibatkan aliran listrik padam sehingga pasokan daya untuk perangkat BTS (Base Transceiver Station) harus mengandalkan genset. Di Palu, XL Axiata memiliki sekira 136 BTS, termasuk 44 BTS 4G dan di Donggala ada 12BTS termasuk 9 BTS jaringan 4G.

 

Di seluruh wilayah Sulawesi Tengah tersedia 358 BTS termasuk 79 BTS 4G, dan sementara itu, jumlah pelanggan di Sulawesi Tengah tercatat lebih dari 340 ribu. Tim XL Axiata juga telah menyiapkan antisipasi pengamanan jaringan dengan menyiapkan genset untuk setiap BTS utama, menyiapkan opsi rekayasa jaringan dengan redirect coverage dan mengerahkan mobile BTS ke lokasi yang paling membutuhkan.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini