Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Tips Google Translate yang Perlu Anda Ketahui

Anggita Nurlitasari, Jurnalis · Selasa 02 Oktober 2018 10:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 01 207 1958135 4-tips-google-translate-yang-perlu-anda-ketahui-GNpbqCzWIc.jpg (Foto: Slator)

JAKARTA - Google Translate memiliki kemampuan dalam menerjemahkan suatu kata maupun kalimat dalam waktu yang cepat dibandingkan dengan kamus manual.

Untuk dapat mengaksesnya, Anda bisa mengunduh aplikasi tersebut di PlayStore maupun AppStore dan Anda juga bisa mengaksesnya melalui web jika tidak memiliki ruang penyimpanan yang cukup.

Dilansir dari Makeuseof, Senin (1/10/2018), ternyata Google Translate memiliki beberapa fitur yang jarang diketahui oleh sebagian orang.

1. Language Offline

Google Translate mengharuskan penggunanya memiliki data internet untuk tetap terhubung ke berbagai fiturnya.

Jika Anda merencanakan perjalanan yang memiliki lingkungan yang sulit untuk mengakses internet, Anda harus mengunduh beberapa bahasa yang mungkin akan digunakan dalam aplikasi ini sehingga bisa digunakan secara offline.

 

Setiap set bahasa memiliki kapasitas antara 35MB dan 45MB, sehingga tidak akan memakan banyak ruang di ponsel Anda.

Baca juga: Harvest Moon: Light of Hope Mendarat di Android dan iOS

2. Instant Camera Translation

Fitur lainnya yang terdapat pada Google Translate yakni camera translation yang merupakan aplikasi yang dapat menerjemahkan ke berbagai bahasa dalam bentuk foto. Hal tersebut memudahkan Anda sehingga tidak perlu menuliskan kata lagi.

Untuk dapat menggunakannya, pertama Anda harus memilih dua bahasa yang akan digunakan lalu arahkan kamera Anda ke teks yang ingin diterjemahkan dan itu akan melakukannya di dalam gambar.

 

Fitur tersebut sistemnya tidak sempurna dan bekerja paling baik ketika mendeteksi font sederhana. Ketuk ikon lampu kilat jika Anda membutuhkan lebih banyak cahaya, atau ikon jeda untuk membekukan gambar. Tekan ikon kamera untuk menyimpan gambar ke ponsel Anda, atau ikon galeri untuk memilih foto yang ada yang ingin Anda terjemahkan.

Baca juga: Ilmuwan Terkejut dengan Besarnya Kekuatan Tsunami di Indonesia

3. Conversation Mode

Anda dapat menggunakan mikrofon untuk mendapatkan terjemahan cepat dan mudah, dan Anda juga dapat menggunakan aplikasi untuk membantu menerjemahkan percakapan antara Anda dan pembicara asing. Ketika Anda berada dalam mode mikrofon, default-nya adalah mendengarkan satu bahasa dan mendapatkan terjemahan.

Jika Anda mengetuk tombol mikrofon merah, Anda dapat menempatkan aplikasi ke dalam mode percakapan di mana ia akan mendengarkan kedua bahasa dan menawarkan terjemahan saat Anda dan teman asing Anda saling mengenal satu sama lain.

4. Save Favorite Words and Phrases

Jika Anda berulang kali mencari terjemahan untuk kata dan frasa tertentu, Anda dapat menyimpannya untuk memudahkan akses kembali. Cukup ketuk tombol bintang di samping hasil terjemahan dan itu akan ditambahkan ke daftar Tersimpan Anda. Untuk melihat entri yang Anda simpan, ketuk tombol Disimpan di bagian bawah layar Anda.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini