nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Aplikasi Terbaik untuk Kontrol Emosi Anak

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 02 Oktober 2018 09:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 01 207 1958179 5-aplikasi-terbaik-untuk-kontrol-emosi-anak-9Fr8OyTHLM.jpg Ilustrasi (Foto: Mashable)

JAKARTA – Di jaman digital seperti sekarang, gadget tak hanya digunakan oleh orang dewasa. Anak-anak pun kini tak lagi asing dengan smartphone, tablet maupun komputer. Intensitas mereka yang sering dengan berbagai perangkat tersebut pun membuat anak-anak tak asing dengan aplikasi. Seiring waktu, aplikasi pun banyak tersedia untuk anak-anak mulai dari hiburan hingga edukasi. Kini juga ada aplikasi untuk melatih kontrol emosi anak-anak. Apa saja? Berikut seperti dilansir dari laman Mashable, Selasa (2/10/2018):

1. Breathe, Think, Do with Sesame

Aplikasi ini mampu menjadi pengantar yang bagus untuk perhatian bagi anak-anak. Dengan bantuan monster yang lucu, anak-anak belajar teknik pernapasan yang menenangkan untuk membantu mereka mengatasi situasi yang berpotensi membuat frustrasi atau menyusahkan.

Kegiatan-kegiatan tersebut misalnya, memakai sepatu, mengucapkan selamat tinggal kepada orang tua, memperbaiki menara blok, mengantri dan tidur tanpa lampu. Setiap skenario dapat ditinjau kembali, tergantung pada perjuangan khusus anak dan ada juga bagian orang tua yang dikemas dengan kiat dan strategi. Aplikasi ini tersedia di iOS dan Android.

2. Calm Kids

Aplikasi ini mendapatkan predikat Apple App of the Year 2017 dan Google Play Editor's Choice 2018. Calm Kids memberikan latihan kesadaran, kegiatan relaksasi dan "Sleep Stories" untuk anak-anak dari segala usia, yang diperbarui setiap minggu.

Aplikasi atau versi desktop memiliki uji coba gratis 7 hari, setelah itu dibanderol USD59,99 setahun. Aplikasi ini juga tersedia di iOS maupun Android.

 Calm Kids

Baca Juga: YouTube Rilis Fitur Miniplayer untuk Desktop

3. DreamyKid

Dreamy Kid ditujukan untuk anak-anak usia 8 tahun ke atas, dengan program-programnya paling cocok untuk anak-anak yang kurang percaya diri, kecemasan dan sulit tidur. Strategi mencakup “rainbow body-scan,” “schoolwork mastery meditation” dan afirmasi keyakinan, dan ada juga berbagai macam suara latar belakang yang santai untuk membantu mengirim si kecil Anda tidur.

Aplikasi ini gratis, tetapi fitur dengan bantuan pemandu dikenakan biaya USD3,99 masing-masing. Aplikasi ini hanya tersedia di iOS.

4. Headspace for Kids

Headspace for Kids memiliki lima tema utama, yakni Tenang, Fokus, Kebaikan, Tidur dan Bangun. Masing-masing memiliki program untuk tiga kelompok usia, 0-5 tahun, 6-8 tahun dan 9-12 tahun.

Melalui latihan pernapasan, visualisasi dan meditasi berbasis fokus, karakter kartun yang unik akan membantu untuk melibatkan anak-anak, dengan suara yang menenangkan dari co-founder Headspace dan mantan biksu, Andy Puddicombe, yang menawarkan bimbingan di seluruh.

Biaya berlangganan dibanderol USD12,99 per bulan atau USD 94,99 setahun. Aplikasi ini tersedia di platform iOS dan Android.

 Aplikasi untuk Anak

5. Calm Counter

Aplikasi ini cukup sederhana namun efektif, dirancang sebagai alat visual dan audio untuk membantu anak-anak yang didiagnosis dengan gangguan spektrum autisme. Sehingga mereka belajar untuk tenang ketika mereka cemas atau marah.

Layar pembuka aplikasi berbunyi "Saya perlu istirahat" dan kemudian beralih ke layar merah dengan wajah marah dan angka 10. Dengan setiap ketukan layar, nantinya akan berubah warna dan wajah perlaha menjadi lebih tenang. Ini mendorong anak untuk menghitung mundur dari 10, diikuti oleh napas dalam-dalam. Aplikasi ini dibanderol dengan biaya USD2.99.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini