Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

iOS 12 Bikin Baterai iPhone XS dan XS Max Tak Dapat Di-Charge?

Nadia Tisca Ekasari, Jurnalis · Senin 01 Oktober 2018 19:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 01 57 1958235 ios-12-bikin-baterai-iphone-xs-dan-xs-max-tak-dapat-di-charge-LxCqUxOuZa.jpg (Foto: NDTV Gadgets)

JAKARTA - Peluncuran iPhone XS dan XS Max terbilang baru, namun tampaknya sudah memiliki masalah pada perangkat anyar ini. Beberapa orang telah melaporkan masalah pengisian baterai.

Dilansir dari laman Slashgear, Senin (1/10/2018), beberapa orang mengeluhkan pengisian baterai mereka meskipun perangkat tersebut sudah terpasang. iPhone menjanjikan masa pakai baterai terpanjang dari perangkat X Series hingga 90 menit lebih banyak dibandingkan dengan iPhone X tahun lalu.

Perangkat juga memiliki dua cara untuk mengisi daya, dengan dukungan kabel, port lightning dan pengisian nirkabel Qi. Namun, masalah baru telah muncul sejak iOS 12. Tidak semua orang merasakan masalah ini, tetapi bagi mereka yang mengalami masalah pengisian daya, ini adalah masalah yang signifikan.

 

Menurut laporan di forum dukungan Apple, perangkat tertentu tidak mulai diisi ulang ketika dicolokkan atau diletakkan di pad charger nirkabel Qi. Bahkan perangkat hanya mengisi daya ketika layar menyala.

Laporan awalnya itu adalah masalah yang dialami oleh iPhone XS Max, tidak semua orang yang mempunyai iPhone XS atau XS Max memiliki masalah yang sama atau mungkin beberapa pengguna tidak menyadari adanya masalah yang terjadi pada pengisian baterai.

Baca juga: Ilmuwan Terkejut dengan Besarnya Kekuatan Tsunami di Indonesia

Unbox Therapy membandingkan berbagai iPhone XS dan iPhone XS Max, mereka menemukan hasilnya tidak konsisten. Beberapa smartphone memamerkan masalah pengisian daya sementara yang lain tidak. Faktor umum untuk semua perangkat yang terpengaruh adalah iOS 12.

Salah satu kemungkinan adalah efek samping yang tidak disengaja dari USB Restricted Mode yang ditambahkan Apple ke perangkat lunaknya di iOS 11.4.1 yang juga dikenal sebagai mode aman USB ini dirancang untuk membatasi fungsi port Lightning.

Baca juga: Hasil Foto Selfie iPhone XS Dinilai 'Terlalu Bagus'

Misalnya, setelah satu jam iPhone tidak digunakan, mode aman USB menutup beberapa fitur seperti transfer data, yang dimaksud untuk mencegah peretas.

 

“Jika Anda tidak membuka kunci perangkat iOS Anda yang dilindungi sandi - atau Anda belum membuka kunci dan menghubungkannya dengan aksesori USB dalam satu jam terakhir - perangkat iOS Anda tidak akan berkomunikasi dengan aksesori atau komputer, dan dalam beberapa kasus, ini mungkin tidak dapat diisi daya,” tulis Apple.

Sejauh ini Apple belum mengomentari situasi, meskipun tampaknya perusahaan menyadari masalah yang dihadapi beberapa pengguna. Namun tampaknya mungkin itu bisa diatasi dengan pembaruan firmware.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini