Kominfo Umumkan Kondisi Terkini Jaringan Telekomunikasi Pasca Gempa dan Tsunami Sulteng

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 02 Oktober 2018 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 02 207 1958459 kominfo-umumkan-kondisi-terkini-jaringan-telekomunikasi-pasca-gempa-dan-tsunami-sulteng-jAeYe7m2H1.jpg Ilustrasi BTS (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) jaringan telekomunikasi berangsur membaik pasca gempa dan tsunami di Donggala dan Palu.

“Tiga operator telekomunikasi seluler yang beroperasi di wilayah Sulawesi Tengah yaitu Telkomsel, Indosat dan XL Axiata melaporkan layanan telekomunikasi seluler sudah dapat berfungsi sebanyak 49% coverage. Jumlah keseluruhan base station (BTS) 2G, 3G dan 4G yang sudah berfungsi dan dapat digunakan mencapai 1.728 BTS,” kata Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo, Ferdinandus Setu dalam keterangan resmi, Selasa (2/10/2018).

Dia melanjutkan, jika operator telekomunikasi seluler telah melakukan perbaikan terhadap BTS yang masih terganggu dengan menyediakan mobile backup power (MBP). Pemakaian MBP ini dilakukan karena masih belum adanya pasokan listrik.

Selain itu, lanjut dia penambahan personel teknisi di lapangan juga dilakukan dengan mengirimkan tim tambahan dari wilayah sekitar Sulawesi Tengah antara lain Makassar, Palopo, dan Poso untuk melakukan percepatan pemulihan BTS yang terganggu dan belum berfungsi.

 BTS

Baca Juga: Oppo dan J&T Express Salurkan Donasi Rp6 Miliar Pasca Gempa dan Tsunami Sulteng

Selain itu, Ferdinandus juga mengatakan jika beberapa operator telekomunikasi juga memberikan sejumlah kemudahan berkomunikasi bagi warga di Palu dan Donggala yang terdampak gempa.

“Telkomsel memberikan telepon gratis 50 menit dan 200 SMS ke semua operator. Sementara XL Axiata juga memberikan layanan gratis untuk kontak ke semua operator dari Palu. Hal itu sebagai bentuk dukungan sektor telekomunikasi dalam mendukung kelancaran komunikasi proses pemulihan pascabencana gempabumi di Sulawesi Tengah,” imbuh dia.

Selain pemulihan BTS, Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika juga menyediakan 31 unit telepon satelit.

Pascagempa Sulteng

Baca Juga: Mengapa Luar Angkasa Terlihat Sangat Gelap?

“Pendistribusian telepon satelit ini dilakukan bekerja sama dengan Danrem setempat. Pengiriman telepon satelit tahap kedua sedang berlangsung. Sebanyak 50 unit telepon satelit yang pernah digunakan untuk mendukung koordinasi penanganan bencana di Lombok, NTB, siap dikirimkan ke Palu, untuk mendukung pelaksanaan komunikasi penanganan bencana di Sulawesi Tengah,” katanya.

Tidak hanya sampai disitu, BAKTI Kementerian Kominfo pada 1 Oktober pagi telah mengirimkan 8 unit perangkat internet satelit VSAT Ku-Band yang akan dipasang oleh 4 orang teknisi di posko penanganan bencana gempabumi di Sulteng.

“Sebanyak 2 perangkat VSAT sudah terpasang dan bisa digunakan untuk mendukung pengiriman data di Posko Utama Korem Tadulako dan Posko Media BAKTI Kominfo Rumah Jabatan Gubernur Sulteng Siranindi,” kata Ferdinandus.

Terakhir, berkaitan dengan beberapa berita palsu yang beredar pasca gempa dan tsunami di Sulten. Kementerian Kominfo meminta masyarakat Palu, Donggala dan daerah terdampak gempabumi dan tsunami di Sulawesi Tengah untuk tetap tenang dan waspada, jangan terprovokasi oleh informasi yang tidak benar dan tidak bisa dipertanggung jawabkan sumbernya.

Pascagempa Sulteng

Baca Juga: Penelitian Temukan Kucing Tak Pandai Berburu Tikus

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini