Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berkenalan dengan Bos Baru Instagram, Adam Mosseri

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 02 Oktober 2018 13:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 02 207 1958495 berkenalan-dengan-bos-baru-instagram-adam-mosseri-JC9JyTVbC7.jpg Bos baru Instagram, Adam Mosseri (Foto: Recode)

JAKARTA - Hari ini, Instagram resmi memiliki bos baru. Dia adalah Adam Mosseri, yang sebelumnya menjabat sebagai VP Produk Instagram dan mantan eksekutif produk di Facebook. Mosseri pun merayakannya dengan membagikan postingan di Twitter resmi miliknya. 

Baca Juga: Mantan Petinggi Facebook Kini Jadi Bos Baru Instagram

Dilansir dari laman Recode, Selasa (2/10/2018) Mosseri adalah seorang desainer, sama seperti Kevin Systrom, dan mempelajari desain informasi di New York University (NYU). Mosseri merupakan konsultan desain sebelum bergabung dengan tim desain Facebook pada 2008. Selama sekitar satu dekade, Mosseri telah terlibat dalam beberapa produk penting di Facebook.

Paling menonjol, dia telah menangani fitur News Feed Facebook selama bertahun-tahun. Ini bisa dikatakan sebagai layanan tunggal paling penting di Facebook.

Kemudian, sebelum bergabung dengan Instagram sebagai VP produknya pada Mei 2018, ia juga bertanggung jawab untuk menangani Facebook Home, yakni layanan yang bertujuan untuk membuat homescreen seluler untuk ponsel Android pada 2013, namun gagal.

Mosseri juga dikabarkan sangat dekat dengan Zuckerberg dan eksekutif produk top Facebook, Chris Cox. Mosseri bekerja dengan Cox selama bertahun-tahun sebelum beralih ke tim Instagram pada Mei.

Namun, ketika Mosseri pergi ke Instagram, Cox juga dipromosikan untuk mengawasi semua aplikasi Facebook, termasuk Instagram, WhatsApp, dan Messenger. Dalam peran barunya sekarang ini, Mosseri akan kembali bekerja dengan Cox.

Instagram

Baca Juga: Oppo Bakal Rilis Ponsel Baru dengan Snapdragon 660, Intip Spesifikasinya

Keakraban di antara keduanya, tampaknya penting terutama mengingat keinginan Zuckerberg untuk menjalankan Instagram lebih seperti divisi produk dalam Facebook bukannya perusahaan independen. Dengan standar itu, penunjukan Mosseri menjadi masuk akal.

Dia mungkin tidak akan memiliki jenis pemegang otoritas produk yang biasanya dimiliki, tetapi Mosseri adalah eksekutor yang kuat dan tahu bagaimana cara membangun News Feed, produk yang mendatangkan sebagian besar pendapatan iklan Facebook.

Lebih lanjut, beberapa orang yang pernah bekerja dengan Mosseri mengatakan dia sangat bijaksana dan disukai banyak orang. Dia juga lebih terlihat daripada kebanyakan eksekutif Facebook, yang cenderung low profile.

Mosseri adalah salah satu dari segelintir kecil eksekutif Facebook untuk terlibat secara teratur dengan para wartawan di Twitter selama dua tahun terakhir.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini