Tips agar Akun Facebook Anda Tidak Mudah Diretas

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 03 Oktober 2018 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 02 207 1958689 tips-agar-akun-facebook-anda-tidak-mudah-diretas-U168JGWmwT.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Facebook pekan lalu menjadi korban dari serangan yang mempengaruhi 50 juta akun dan 40 juta lainnya diperingatkan sebagai tindakan pencegahan. Situs Express melaporkan, perusahaan jejaring sosial itu mengklaim telah memperbaiki masalah akun yang diretas.

Setidaknya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan bila akun media sosial Anda, termasuk Facebook agar tidak mudah diretas hacker. Pertama, perlu Anda perhatikan yakni membuat kata sandi atau password yang kuat.

Semakin kuat kata sandi, ini memberi Anda kesempatan terbaik untuk menghindari serangan cyber di masa depan. Hindari pula nama-nama keluarga dekat atau teman, atau kata-kata umum yang membuatnya lebih mudah ditebak.

 

Kata sandi yang kuat harus memiliki setidaknya 8 karakter, tetapi semakin panjang semakin baik. Lebih banyak karakter berarti akan lebih sulit untuk memecahkannya.

Baca juga: Mengapa Luar Angkasa Terlihat Sangat Gelap?

Kata sandi yang kuat juga harus berisi campuran hal-hal berikut, huruf kecil dan huruf besar, angka, dan simbol khusus, seperti! @ £ #%.

Selain itu, hindari penggunaan kata sandi Facebook yang sama untuk layanan lain. Pastikan kata sandi yang berbeda dibuat untuk setiap situs web yang digunakan.

 

Baca juga: Google Chrome Menyimpan Game yang Tersembunyi, Apa Saja?

Menggunakan kata sandi yang sama, yang digantikan dengan angka yang berbeda tidaklah cukup. Mungkin Anda memerlukan generator kata sandi yang ideal bagi Anda yang membutuhkan inspirasi. Pastikan saja dari sumber yang dapat dipercaya.

Pengelola kata sandi juga bermanfaat untuk mengingat password Anda, terutama ketika kuantitas dan kualitas kata sandi meningkat.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini