Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Headphone Versus Earphone, Mana Lebih Aman Dipakai?

Agregasi Solopos, Jurnalis · Rabu 03 Oktober 2018 08:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 02 57 1958761 headphone-versus-earphone-mana-lebih-aman-dipakai-Hw3rUnvO8b.jpg (Foto: Digital Trends)

SOLO - Mendengarkan audio lewat smartphone dengan alat bantu berupa earphone menjadi salah satu kebiasaan banyak orang. Bentuknya yang kecil dan ringkas dapat dibawa ke mana saja tanpa memakan banyak tempat. Jadi, wajar saja jika banyak orang yang bepergian membawa earphone.

Meski demikian, penggunaan earphone dapat menimbulkan berbagai masalah di telinga. Mulai dari infeksi hingga peradangan telinga menjadi keluhan yang sering dialami akibat penggunaan earphone. Mengapa hal itu terjadi?

Dikutip dari Quora, Selasa (2/10/2018), bulatan kecil earphone yang dipasang di telinga itulah yang menjadi sumber masalah. Kepala earphone itu bakal menekan telinga selama dipakai. Jika bentuknya tidak sesuai dengan lubang telinga, tekanan itu bakal terasa tidak nyaman dan menimbulkan bekas merah di telinga.

 

Sementara penggunaan earphone dengan model kepala yang diberi karet dapat menyumbat sirkulasi udara di bagian telinga. Kondisi ini bakal membuat telinga terasa panas dan gatal. Kotoran di dalam telinga juga bakal menempel di kepala earphone yang berbahaya jika tidak dibersihkan. Apalagi jika earphone dipakai secara bergantian.

Jadi, sebaiknya perhatikan kebersihan earphone jika tidak ingin mengalami masalah pada telinga. Perhatikan pula volume dari musik yang disetel. Pastikan tidak terlalu keras, atau setel sekitar 40 persen dari volume maksimal.

Baca juga: Kominfo Imbau Masyarakat Tak Sebarkan Hoaks soal Gempa Bumi Sulteng

Jika dipakai bergantian dengan orang lain, lebih baik Anda mengganti earphone dengan headphone. Peranti yang satu ini memang berukuran lebih besar dan menutup telinga secara sempurna saat dipakai.

 

Baca juga: Mengapa Luar Angkasa Terlihat Sangat Gelap?

Meski demikian, istirahatkan telinga setelah menggunakan headphone sekitar 60 menit. Pastikan volume disetel 50 persen dari batas maksimal agar tidak mengganggu pendengaran.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini